Jakarta (ANTARA) - Alumni SMA Negeri 26 Jakarta, yang tergabung dalam Relawan "Be26erak For Ganjar", menggelar deklarasi dukungan kepada bakal capres usungan PDI Perjuangan Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024 di Rumah Aspirasi Ganjar, Jakarta, Sabtu.

Ketua Umum Be26erak For Ganjar, Teguh Ruswono, menyatakan bahwa deklarasi tersebut merupakan sebuah pernyataan sikap kelompok relawan dalam mendukung Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

"Ber26erak For Ganjar adalah organ komunitas relawan dari SMA Negeri 26 lintas angkatan dan segenap simpatisan yang mempunyai satu visi dan misi untuk memenangkan Pak Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024," kata Teguh kepada ANTARA di Jakarta, Sabtu.

Relawan yang tergabung dalam kelompok itu mencapai 2.500 orang dan tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga: Survei PWS: Nama Gibran masih dinilai potensial sebagai bakal cawapres

Teguh mengatakan perjalanan hidup yang membuat cara berpikir dan pemahaman berbeda antargenerasi disatukan dengan keyakinan sama untuk membuat Indonesia unggul melalui pemenangan Ganjar Pranowo.

Sementara itu, Wakil Ketua Be26erak For Ganjar, Firman Purnakarya, menilai sosok Ganjar Pranowo memiliki kinerja luar biasa dalam karir politiknya. Tidak hanya itu, visi dan misi Ganjar pun sesuai dengan aspirasi untuk membangun Indonesia menuju bangsa besar.

"Ganjar miliki rekam jejak dari sebelumnya beliau anggota DPR RI maupun gubernur Jawa Tengah dua periode. Alhamdulillah bagus, cukup, dan di antara kandidat yang ada beliau is the best," kata Firman.

Baca juga: Ganjar Pranowo-Puan Maharani siap kobarkan semangat pada apel siaga

Firman pun berharap apabila Ganjar Pranowo terpilih, maka dia dapat melanjutkan pembangunan yang telah dilakukan Presiden Joko Widodo.

Deklarasi Be26erak For Ganjar dihadiri secara daring oleh segenap diaspora Australia yang tergabung dalam kelompok relawan Sydney Jarwo Australia.

Firman mengatakan kolaborasi dan sinergisme antara Be26erak For Ganjar dan Sydney Jarwo Australia memiliki komitmen bersama menuju pencapaian pemenangan Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

"Kolaborasi dan sinergisme ini bersumber dari sifat-sifat positif yang saling menguatkan organ relawan dalam empati, kebersamaan, kecintaan, kompak, pengabdian, dan merasa terpanggil hati nuraninya untuk mencapai sebuah hasil yang lebih baik, yakni sukses dalam memenangkan Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024," ujarnya.

Baca juga: Puan Maharani: Kader PDIP Jateng solid menangkan Ganjar Pranowo

Untuk diketahui, pendaftaran bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dijadwalkan pada 19 Oktober hingga 25 November 2023.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, pasangan capres dan cawapres diusulkan partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi syarat perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR, atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, ada 575 kursi di parlemen, sehingga pasangan capres dan cawapres pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga pasangan calon diusung partai politik atau gabungan partai peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Baca juga: Ganjar Pranowo siap bergerak lebih cepat majukan Indonesia

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023