Jakarta (ANTARA) - Penyerang Prancis Olivier Giroud menyumbang dua gol penalti saat AC Milan menghantam tamunya Torino dengan skor 4-1 pada pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion San Siro, Milan, Sabtu (26/8) waktu setempat atau Minggu dini hari WIB.

Tambahan tiga poin membawa Milan menghuni posisi pemuncak klasemen Liga Italia dengan enam poin dari dua pertandingan, sedangkan kekalahan pertama di musim ini bagi Torino memaksa mereka tertahan di posisi ke-14 dengan satu poin.

Rosonerri membuka keunggulan pada menit ke-33. Christian Pulisic memulai pergerakan dengan mengirim umpan terobosan kepada Ruben Loftus-Cheek yang kemudian menyodorkannya kepada Giroud, namun bola terlewat dari pemain Prancis itu dan justru dapat disambar Pulisic untuk dikonversi menjadi gol.

Keunggulan Milan hanya berusia singkat karena Torino mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-36. Tembakan Samuele Ricci memantul dengan arah yang aneh dan diteruskan sepakan voli Perr Schuurs yang berbuah gol.

Milan merestorasi keunggulannya pada menit ke-43. Torino mendapat hukuman penalti karena wasit menilai bola mengenai tangan Alessandro Buingiorno di kotak terlarang. Giroud yang menjadi eksekutor menunaikan tugasnya dengan sangat baik.

Menjelang turun minum atau tepatnya pada menit ke-47, Milan mendapatkan gol ketiganya. Rafael Leao dan Theo Hernandez menampilkan kerja sama apik di sisi kiri, sebelum Hernandes mengakhirinya dengan sepakan dari sudut sempit yang bersarang ke gawang Vanja Milinkovic-Savic.

Gol penutup Milan tercipta pada menit ke-65, kembali dari eksekusi penalti Giroud. Kali ini wasit menilai Schuurs menjegal pergelangan kaki Leao dan membuatnya menunjuk titik putih. Giroud tidak kesulitan menaklukkan Milinkovic-Savic untuk kedua kedua kalinya.

Baca juga: Alexis Sanchez kembali perkuat Inter Milan

Verona pelihara tren positif

Setelah membuka musim dengan kemenangan 1-0 di markas Empoli, Verona memelihara tren positif dengan meraih kemenangan 2-1 atas tamunya AS Roma.

Tuan rumah membuka keunggulan saat pertandingan baru bergulir empat menit. Verona melancarkan serangan balik dari tendangan bebas Filippo Terracciano kemudian melepaskan tembakan yang dapat ditepis kiper Rui Patricio, namun bola mengarah ke jalur pergerakan Ondrej Duda yang dengan mudah disambar dan menjadi gol.

Sebelum babak pertama usai, tepatnya pada menit ke-48, Verona menggandakan keunggulan. Cyril Ngonge memulai pergerakan dari areanya sendiri untuk bergerak memotong melewati Chris Smalling dan mengemas gol kedua.

Roma sempat memperkecil ketertinggalan pada menit ke-56 saat Houssem Aouar memaksimalkan kemelut di depan gawang Verona untuk mencatatkan gol perdananya bagi Giallorossi.

Meski Verona harus bermain dengan sepuluh pemain akibat Isak Hien mendapat kartu merah pada menit ke-84, Roma tetap tidak mampu mengemas gol penyama kedudukan dan harus menelan kekalahan pertamanya di liga musim ini.

Hasil itu membuat Verona menempel Milan di puncak klasemen dengan koleksi poin yang sama yakni enam poin dan hanya kalah selisih gol. Sedangkan Roma yang belum pernah menang pada musim ini, terpuruk di posisi ke-13 dengan satu poin.

Baca juga: Christian Pulisic tampil gemilang saat Milan hantam Bologna 2-0

Di tempat tim promosi Frosinone mengukir kejutan dengan menaklukkan tamunya Atalanta 2-1.

Gawang Atalanta sudah kemasukan sejak menit kelima melalui Abdou Harroui yang mengontrol operan keliru dari Ademola Lookman dan bergerak memotong melewati Berat Djimisiti sebelum menceploskan bola ke gawang La Dea.

Keunggulan Frosinone bertambah saat sepakan kaki luar Ilario Monterisi dalam kotak penalti membobol gawang Atalanta pada menit ke-24.

Atalanta hanya mampu mencetak satu gol balasan pada menit ke-56 ketika pemain veteran Duvan Zapata mengecoh Ilario Monterisi dan menuntaskannya dengan sepakan ke sudut dekat. 2-1 untuk Frosinone.

Pada pertandingan lain, Monza mendapatkan kemenangan perdananya di musim ini, setelah menang 2-0 atas tamunya Empoli.

Kedua gol Monza disumbangkan oleh gelandang Andrea Colpani, yakni pada menit ke-45 dan ke-53, untuk mendongkrak Monza naik ke posisi kesembilan dengan tiga poin. Sedangkan Empoli tertahan di dasar klasemen dengan nol poin.

Baca juga: Allegri sebut dua perbaikan meski timnya menang 3-0 atas Udinese
Baca juga: Duet Chiesa-Vlahovic antar Juventus bungkam tuan rumah Udinese 3-0

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023