Jakara (ANTARA) - Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Irjen Pol. Syahar Diantono menyambangi TK Bumi Damai Indonesia, Dusun Krambil, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, sekaligus memberikan bantuan dan santunan dari Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo kepada para murid.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) DivHumas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan dalam keterangan di Jakarta, Minggu, menyebut, TK Bumi Damai Indonesia didirikan oleh Bripka Heri Prasetyo, anggota Propam Polda DIY untuk anak-anak, tanpa dipungut biaya.

“Santunan dari Bapak Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo juga berikan kepada para perangkat desa TK Bumi Damai Indonesia untuk meningkatkan fasilitas belajar dan kenyamanan dalam proses belajar mengajar anak-anak,” kata Ramadhan.

Ramadhan menjelaskan, TK Bumi Damai Indonesia didirikan oleh Bripka Heri Prasetyo pada Mei 2020 dengan menyewa dan merenovasi bangunan tidak terpakai menjadi taman kanak-kanak.

Bripka Heri Prasetyo termotivasi untuk membantu anak-anak kurang mampu di wilayah tersebut agar mendapatkan pendidik yang layak sejak dini sebelum menempuh pendidikan sekolah dasar.

“Bripka Heri Prasetyo menanggung biaya operasional sekolah lainnya dengan membayar gaji guru dan uang tunjangan kinerjanya,” ujarnya.

Sejak didirikan sampai sekarang, TK yang didirikan Bripka Heri Prasetyo mampu menampung 31 anak didik dari tiga desa yang bersekolah di TK Bumi Damai Indonesia.

Setelah dua tahun berdiri, pada Juli 2022 Bripka Heri Prasetyo mengajukan perizinan pendidikan TK gratis Buimi Damai Indonesia. Setelah mendapat izin pendirian pada 25 Juli 2022 dari Dinas Pendidikan Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta dengan Nomor: 103/KPTS/2022.

Dengan surut izin tersebut, TK Bumi Damai Indonesia mendapatkan kurikulum yang sama dengan sekolah-seolah yang lainnya. Selain itu, TKI Bumi Damai Indonesia juga berhadap ke depan akan mendapatkan bantuan operasional pendidikan (BOP) dari pemerintah berupa alat-alat kebutuhan untuk proses belajar mengajar taman kanak-kanak.

Dalam kesempatan itu, kata Ramadhan, Kadiv Propam menyampaikan maksud kedatangannya adalah untuk memberikan bantuan dari Kapolri untuk melengkapi kekurangan dalam proses belajar mengajar di TK Bumi Damai Indonesia.

“Di samping itu, Bapak Kapolri memberikan sebuah HAR untuk mengikuti pendidikan SIP tahun depan kepada Bripka Heri Prasetyo,” kata Ramadhan.

Selain Bripka Heri Prasetyo, sejumlah anggota Propam Polri mendedikasikan sebagian waktu dan rezekinya untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat, seperti Aiptu Nana Sumarna, anggota Propam Polda Jambi yang mendirikan Lembaga Pendidikan Al Quran Gratis di rumahnya.

Baca juga: Menkominfo siap temui Kapolri bahas judi "online" dan pinjol ilegal
Baca juga: Alumni AKABRI 89 buktikan sinergi TNI-Polri di masyarakat
Baca juga: Masyarakat Palue NTT apresiasi dukungan Polri lewat bakti kesehatan


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023