Liverpool (ANTARA) - Ada momentum unik kala band tribute The Beatles asal Jakarta yaitu G-Pluck bersiap untuk naik panggung dalam gelaran Liverpool International Beatleweek Festival 2023, Minggu (27/8) dini hari waktu setempat.

Tampil di Crosby Suite Adelphi Hotel Liverpool, G-Pluck berkesempatan bertemu dengan adik tiri dari gitaris sekaligus vokalis The Beatles John Lennon yaitu Julia Baird. Julia yang terlahir dengan nama Julia Dykins merupakan putri tertua dari Julia Lennon yang tak lain adalah ibu kandung dari John buah pernikahan dengan John Albert Dykins.

Sebagai bentuk penghormatan kepada Julia yang lahir pada 5 Maret 1947 itu, band yang beranggotakan Awan Garnida (bass), Gilang Pramudya (gitar/vokal), Fery Gustian (gitar/vokal), Beni Pratama (drums), dan Aufa Kantadiredja (keyboard/vokal) tersebut lantas melantunkan lagu "Girl" dan "Julia" pada sesi pengecekan suara.

Baca juga: "Comeback" G-Pluck di International Beatleweek Festival 2023

Lagu "Girl" berasal dari album "Rubber Soul" tahun 1965 yang diatribusikan kepada John Lennon Paul McCartney. Sedangkan "Julia" ditulis oleh John Lennon ketika berada di India untuk sosok ibu tercinta dan dirilis pada tahun 1968.

"Kami sangat senang dengan kehadiran Julia di sini. Kami merasakan ada aura John Lennon hadir saat ini. Kami akan memainkan dua lagu istimewa untuk Julia. Semoga Anda berkenan dan sehat selalu, Julia," kata Awan yang dibalas anggukan dan senyuman dari Julia Baird.

Dalam kesempatan tersebut, Julia juga sempat berbagi kisah singkat mengenai sosok John Lennon dari sudut pandangnya selama ini. Menurut dia, John adalah sosok periang dan tak pernah melupakan anggota keluarga besar yang telah memberikan jalan sukses kepada dirinya.

"Saya cukup mengenal dia sejak kecil. Kami berbeda enam tahun, dia lebih tua dari saya. Tingginya sekitar 5 kaki lebih sedikit. Paul (McCartney) tidak setinggi John, terlebih lagi Ringo (Starr). Sejak John pindah ke Amerika, saya tidak pernah lagi bertemu dengannya. Tetapi dia selalu menghubungi Mimi (Mary Elizabeth Smith, bibi John) ketika Mimi berulang tahun," jelas Julia dengan mimik wajah berbinar.

Baca juga: G-Pluck mainkan sebuah lagu khusus di Beatleweek Festival

Lebih lanjut Julia mengisahkan bahwa momentum terakhir yang ia kenang bersama kakak tirinya adalah ketika John menghubungi Mimi sekitar dua pekan sebelum sang musisi fenomenal itu ditemukan tewas tertembak.

"Saat menghubungi Mimi, John sempat berkata bahwa ia akan kembali pulang ke Liverpool Inggris," kenang dia.

Sejarah kemudian mencatatkan takdir lain ketika seorang pemuda bernama Mark David Chapman melontarkan lima kali tembakan dari sisi belakang John Lennon saat sang musisi hendak pulang menuju ke apartemen Dakota pada 8 Desember 1980 di kota New York.

Baca juga: G-Pluck kenakan batik usung semangat nasionalisme di Liverpool

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023