Bone Bolango (ANTARA) - Komunitas penyelam di Gorontalo melakukan penanaman terumbu karang di perairan objek wisata hiu paus Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Kepala Bidang Pengelolaan Ruang Laut dan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PRL dan PSDKP) Provinsi Gorontalo Syafrie AB Kasim di Gorontalo, Ahad mengatakan kegiatan itu dilakukan memperingati Hari Hiu Paus Internasional.

"Untuk kali ini, kami gelar dalam rangka International Whale Shark Day 2023," ucap Syafrie.

Ia menjelaskan bahwa jenis terumbu karang yang ditanam di lokasi itu adalah yang bercabang, dan sebelumnya telah diambil dari satu koloni yang tumbuh di sekitar kawasan wisata hiu paus Botubarani.

"Jadi sekitar dua persen dari terumbu karang itu kita ambil, lalu ditanam lagi, pada media yang sudah disiapkan," katanya.

Untuk media yang digunakan sendiri adalah rasipede, atau sepeda bekas (ontel) milik para pedagang ikan yang sebelumnya telah diganti dengan sepeda motor. Rasipede tersebut lalu diletakkan di dasar laut dan selanjutnya menjadi media untuk penanaman terumbu karang baru.

"Jadi dari media rasipede itu, kita bikin terumbu karang buatan di sekitar sini. Karang yang kita sudah siapkan, lalu diikat pada rasipede," ujar dia.

Sejak tahun 2020, pihaknya telah bekerja sama dengan komunitas penyelam maupun instansi maritim lainnya. Sehingga saat ini perkembangan terumbu karang di kawasan tersebut sudah mulai bertambah.

"Jadi secara alami akan tumbuh karang-karang muda. Akhirnya sekarang ini sudah mulai banyak, jadi kita lakukan penambahan lagi, seperti yang tadi di tanam oleh teman-teman penyelam," katanya.

Tujuan dari penanaman terumbu karang baru ini kata dia lagi, yaitu untuk menambah luas habitat ekosistem terumbu karang. Selain itu menurutnya ini menjadi salah satu program yang dimiliki Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo.

"Ini juga adalah program kami dalam rangka merehabilitasi terumbu karang di sekitar kawasan wisata hiu paus Botubarani, Gorontalo," ia menambahkan.

Baca juga: Pegiat lingkungan bersih-bersih sampah plastik di habitat hiu paus
Baca juga: Gorontalo peringati Hari Hiu Paus Sedunia di Botubarani

 

Pewarta: Adiwinata Solihin/Zulkifli Polimengo
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023