Palembang (ANTARA) - Sebanyak 5.266 atlet dari 34 provinsi seluruh Indonesia siap bertanding pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI/2023 Sumatera Selatan pada 27 Agustus hingga 3 September 2023.

"Pada Popnas 2023 ada sebanyak 22 cabang olahraga yang diikuti oleh sebanyak 5.266 orang dari 34 provinsi seluruh Indonesia. Adapun jumlah pelatih masing-masing berjumlah 1.952 orang, dan digabungkan dengan jumlah panitia 3.395 orang, maka total keseluruhannya 10.272 orang yang hadir dalam Popnas 2023," kata Ketua Pelaksana Popnas 2023 SA.Supriono saat pembukaan kegiatan olahraga itu di Palembang, Minggu.

Ia menjelaskan 22 cabang olahraga yang dipertandingkan itu diantaranya bola voli, bulu tangkis, dayung, judo, karate, kempo, menembak, panahan, panjat tebing, pencak silat, renang, senam artistik dan ritmik, sepak takraw, sepak bola, taekwondo, tenis, tinju, wushu taolu dan sanda.

Para atlet ini akan memperebutkan sebanyak 1.143 medali Popnas 2023, dengan rincian 339 medali emas, 339 medali perak, dan 465 medali perunggu.

Baca juga: Menpora buka Popnas XVI di Palembang

"Untuk lokasi pertandingan 11 cabang akan dipusatkan di kawasan Jakabaring Sport Centre, Palembang, dan sisanya di luar kawasan ini," jelasnya.

Selain itu, ia mengatakan tujuan dari kegiatan itu meningkatkan prestasi olahraga, menjalin potensial, memberdayakan peran serta satuan pendidikan, memperkuat persatuan dan kesatuan antar pelajar, serta menjadi ajang evaluasi hasil pertandingan pelajar tingkat nasional.

"Ini juga bertujuan untuk memotivasi dan mengoptimalkan pembangunan potensi atlet pelajar dan juga sebagai bahan seleksi pelajar yang disiapkan untuk berbagai kegiatan tingkat nasional maupun internasional," kata Supriono juga Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengapresiasi Sumsel selaku tuan rumah telah mempersiapkan kegiatan olahraga itu dengan sangat baik.

Baca juga: Menpora sebut Popnas 2023 titik awal atlet menuju Olimpiade

"Saya menyampaikan apresiasi terutama terhadap kesiapan Sumsel menjadi tuan rumah tunggal setelah sebelumnya Provinsi Bangka Belitung (Babel) memutuskan untuk mundur menjadi tuan rumah Popnas tahun ini," ujarnya.

Selain itu, dia juga mengapresiasi tiga provinsi yang mengirimkan kontingen terbanyak pada Popnas kali ini yakni tuan rumah Sumatera Selatan sebanyak 371 atlet, Jawa Barat 398 atlet, dan DKI Jakarta 349 atlet.

"Saya juga mengapresiasi semua atlet yang bertanding dan mengharapkan Popnas merupakan titik awal untuk kedepannya bahkan mewakili Indonesia di Olimpiade," kata Menpora.

Gubernur Sumsel Herman Deru menyampaikan harapan kepada para atlet yang bertanding untuk menjunjung tinggi sportifitas dalam bertanding.

"Kami berharap kepada seluruh peserta khususnya atlet Sumsel untuk menjunjung tinggi sportifitas saat bertanding pada ajang Popnas 2023," ucap dia.

Baca juga: 10.000 pelajar ramaikan Popnas 2023 di Palembang

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023