Bangkok (ANTARA) - Asian Games Hangzhou yang akan datang berfungsi sebagai platform penting untuk mempromosikan perdamaian dan persahabatan di Asia, kata Wakil Presiden Komite Olimpiade Thailand Charoen Wattanasin.

Charoen mengatakan dalam sebuah wawancara kepada Xinhua bahwa selama bertahun-tahun Asian Games telah berkembang menjadi saluran penting untuk meningkatkan pertukaran damai antarnegara dan antarkawasan.

Dia memuji kepiawaian China menyelenggarakan berbagai ajang olahraga besar, sehingga mendongkrak ekspektasi untuk gelaran Asian Games ke-19 mendatang di Hangzhou.

Charoen mencatat bahwa Asian Games mengumpulkan para atlet elite dari seluruh Asia, menampilkan kecakapan tuan rumah di kawasan tersebut, serta menunjukkan solidaritas tak tergoyahkan satu sama lain.

"Sangat penting untuk memperkuat hubungan damai antarnegara dalam lanskap global saat ini. Asian Games berperan sebagai platform yang signifikan untuk pertukaran dan persahabatan lintas budaya," jelasnya.

Dia juga meyakini bahwa olahraga harus menjadi jembatan untuk meningkatkan persatuan dan persahabatan. Charoen memiliki banyak pengalaman dalam berpartisipasi di Asian Games, yakni sebagai pemain bulu tangkis dan sebagai ofisial olahraga.

Charoen pernah meraih medali emas di nomor beregu putra dan medali perunggu di nomor ganda putra pada ajang Asian Games Bangkok 1966.

Charoen teringat akan pawai gabungan para atlet dari Republik Rakyat Demokratik Korea (RRDK) dan Korea Selatan dalam upacara pembukaan Asian Games Busan 2002.

Dia menganggap hal itu sebagai bukti kekuatan olahraga dalam menyatukan negara-negara yang bertikai, serta fungsi olahraga sebagai alat penyelesaian konflik secara damai maupun sarana untuk membina persahabatan, pemahaman, dan kerja sama.

Charoen pun meyakini bahwa membangun saluran komunikasi yang efektif di Asia serta mengadopsi pendekatan kepemimpinan China berupa penyelesaian sengketa secara damai dan perlakuan yang setara dapat membantu meningkatkan sikap saling memahami dan mengatasi perbedaan.

Dia kemudian mengungkapkan rasa sukanya pada slogan Asian Games Hangzhou "Heart to Heart, @Future", yang ditafsirkan sebagai penyampaian pentingnya interaksi tulus, sikap saling memahami, dan perjalanan abadi menuju masa depan.

Charoen mendorong semua peserta Asian Games melangkah ke arah yang benar dengan berpedoman pada prinsip tersebut, sembari menantikan masa depan lebih cerah.

Menjelang perhelatan Asian Games, Charoen berharap para atlet asal Thailand dapat mengubah kerja keras mereka menjadi hasil membanggakan dan membawa kejayaan bagi negara mereka maupun dunia olahraga Asia.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023