Ini capaian yang baik karena untuk pembangunan IKN tidak mungkin dimulai kalau lahan belum dibebaskan
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) mencatat realisasi pendanaan pihaknya untuk pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) per 25 Agustus 2023 telah mencapai RpRp723,78 miliar.

“Pada 2023, LMAN sudah menyalurkan Rp723,78 miliar untuk IKN. Ini capaian yang baik karena untuk pembangunan IKN tidak mungkin dimulai kalau lahan belum dibebaskan,” kata Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi kepada media di Jakarta, Senin.

Akses jalan IKN dan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) menjadi pembangunan yang dipercepat oleh pemerintah. Realisasi akses jalan IKN yaitu sebesar Rp466,183 miliar dan pembangunan KIPP sebesar Rp257,604 miliar.

Salah satu pembangunan jalan tol yang sedang berjalan adalah Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam). Basuki menjelaskan realisasi untuk Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) yaitu sebesar Rp552,40 miliar.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN, yang sebelumnya dari sekitar dua jam menjadi hanya sekitar satu jam.

Untuk Seksi 1 ruas Bandara Sepinggan-Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) akan dilakukan lelang pada Oktober 2023 dengan target kontrak pada Desember 2023 dan Seksi 5B-1 Segmen Jembatan Pulau Balang - Simpang Rencana Bandara VVIP serta Seksi 5B-2 Simpang Rencana Bandara VVIP – Riko akan mulai lelang pada September 2023 dengan target kontrak November 2023.

Untuk Seksi 2 Jalan Tol IKN adalah bagian dari Tol Balsam. Sedangkan untuk di Seksi 4 disiapkan pembangunan terowongan bawah laut (immersed tunnel) untuk menjaga lingkungan, dan di Seksi 4 juga disediakan dua lintasan untuk satwa, jadi ada semacam terowongan pendek.

Adapun untuk KIPP IKN, Kementerian PUPR menargetkan pembangunan infrastruktur dasar selesai pada 2024.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, realisasi pembangunan fisik Kantor Presiden di IKN Nusantara per 17 Agustus mencapai 27,52 persen. Kementerian PUPR, melalui Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN), berencana membawa dan memasang bilah Garuda di Kantor Presiden secara bertahap di IKN Nusantara pada September 2023.

Kantor Presiden merupakan bagian dari Kawasan Istana Kepresidenan bersama dengan Istana Negara dan Lapangan Upacara.


Baca juga: LMAN terima dana Rp15 triliun dari RAPBN 2024 untuk pengelolaan PSN
Baca juga: LMAN bukukan PNBP Rp2,19 triliun per Agustus


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023