Kita menetapkan status darurat kekeringan karena krisis air bersih itu
Lebak, Banten (ANTARA) -
Kondisi krisis air bersih di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten meluas di sebanyak 27 kecamatan dari sebelumnya 18 kecamatan akibat kemarau yang terjadi sejak tiga pekan terakhir ini.
 
"Kita menetapkan status darurat kekeringan karena krisis air bersih itu," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Agust Riza Faesal di Lebak, Senin (28/8) 2023.
 
Ia menjelaskan masyarakat yang dilanda krisis air bersih itu setelah sumur bawah tanah dan sumber mata air mengalami kekeringan.
 
Mereka warga untuk mendapatkan pasokan air bersih terpaksa menggunakan jasa tukang ojek motor dengan mengambil air sungai, sebab jarak tempuh ke pemukiman berjauhan.
 
Oleh karena itu, kata dia, BPBD Lebak mengoptimalkan pendistribusian pasokan air bersih kepada masyarakat yang dilanda kekeringan.
 
Saat ini, pihaknya menyiapkan tiga unit kendaraan tangki dengan kapasitas 6.000 liter/tangki.
 
"Kami mendistribusikan pasokan air bersih ke desa-desa yang diterjang krisis air bersih hingga 18 ribu liter per hari," katanya.
 
Menurut dia, BPBD Lebak juga dibantu oleh pihak kepolisian, PDAM, pengusaha, relawan Tagana dan pemerintah provinsi Banten mendistribusikan air bersih.
 
Masyarakat sangat membutuhkan pasokan air bersih untuk keperluan mandi,cuci dan kakus (MCK).
 
Sebab, katanya, krisis air bersih bisa berpotensi menimbulkan berbagai penyakit menular yang membahayakan bagi kesehatan manusia.
 
"Kami terus berupaya agar masyarakat yang terjadi kekeringan mendapatkan pasokan air bersih," katanya.
 
Ia mengatakan, kondisi wilayah Kabupaten Lebak mengalami krisis air bersih karena memasuki El Nino yang puncaknya Agustus -September berdasarkan prediksikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).
 
Namun, pihaknya telah menyiapkan langkah penanganan bencana kekeringan di Kabupaten Lebak di antaranya pendistribusian air bersih dan pompanisasi.
 
"Kami berharap warga segera melapor jika mengalami kekeringan untuk mendapat bantuan pasokan air bersih," kata Agust Riza Faesal.
 
Sementara itu, warga Sajira Kabupaten Lebak mengaku bahwa mereka merasa senang menerima pasokan air bersih dari BPBD setempat.
 
"Kami bisa terpenuhi kebutuhan air bersih untuk tiga hari ke depan," kata Ujang, warga Gunungkencana Kabupaten Lebak lainnya.

Baca juga: BPBD Lebak catat 18 kecamatan krisis air bersih akibat kemarau

Baca juga: BPBD Lebak : Krisis air bersih melanda di 22 kecamatan

Baca juga: Capai 21 kecamatan, krisis air bersih akibat kemarau di Lebak meluas

Baca juga: Relawan Tagana Lebak salurkan air bersih di lima kecamatan

Pewarta: Mansyur Suryana
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023