Garut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, terus memperkuat hubungan dengan Korea Selatan agar terus mau berinvestasi mengembangkan usahanya di Garut, sehingga tercipta lapangan pekerjaan dan mendongkrak perekonomian daerah.

"Memperkuat hubungan baik yang bisa berdampak secara ekonomi, juga bagi komitmen Garut, dan juga bisa mengajak para investor lain yang bisa berinvestasi di Kabupaten Garut, tidak hanya yang sudah 'existing' saat ini," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Garut Ridwan Effendi kepada wartawan di Garut, Senin.

Ia mengatakan Indonesia sudah cukup banyak menjalin kerja sama dengan pelaku usaha dari luar negeri termasuk dengan Korea Selatan, yang salah satunya sudah berinvestasi di Kabupaten Garut.

Selama ini, kata dia, sudah ada delapan perusahaan dari Korea Selatan yang berinvestasi di Kabupaten Garut, dan dampaknya memberikan lapangan pekerjaan bagi warga Garut sehingga mendapatkan penghasilan.

"Saat ini di Garut ada delapan perusahaan Korea yang berinvestasi, alhamdulillah sudah bisa menjadikan lapangan pekerjaan bagi warga masyarakat Kabupaten Garut," katanya.

Ia menyampaikan upaya memperkuat investasi itu, salah satunya digelar kegiatan bertajuk "Malam Pesona Investasi Kabupaten Garut" di JS Luwansa Ballroom, Jakarta Selatan, Jumat (26/8/2023) malam.

Kegiatan yang mendapatkan dukungan dari Asosiasi Pengusaha Korea Selatan itu, kata dia, dalam rangka merayakan 50 tahun hubungan bilateral Indonesia-Korea, dan juga momentum istimewa menandai kemitraan antara Kabupaten Garut dengan Korea Selatan.

"Jadi dalam rangka memperingati kerja sama Indonesia dengan Korea yang temponya sudah berjalan 50 tahun kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Korea dan berlangsung sangat baik," katanya.

Ia menambahkan khususnya kerja sama dengan Kabupaten Garut, investasi Korea Selatan sudah memberikan kontribusi yang baik untuk ekonomi Garut, umumnya Indonesia.

"Khususnya dengan Garut karena di Garut pun juga investasi penanaman modal asing dari Korea juga sudah berjalan dan cukup lama, dan sudah memberikan kontribusi yang positif," katanya.

Baca juga: Pemkab Garut terus buka investasi untuk bangun ekonomi daerah

Baca juga: Kementerian Investasi serahkan NIB bagi 550 pelaku UMK Garut


 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023