Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo saat memberi sambutan secara virtual dalam rangkaian HUT Ke-25 PAN di Jakarta menyampaikan butuh tim yang kuat dan solid untuk mewujudkan cita-cita bangsa ke depan.

Presiden menjelaskan tim yang solid itu juga perlu memiliki visi dan mimpi yang sama untuk masa depan Indonesia.

"Saya yakin setiap ada tantangan selalu ada peluang, selalu ada harapan. Tergantung bagaimana kita menyikapi-nya. Perlu tim terbaik yang memiliki visi yang sama, memiliki mimpi yang sama, dan mampu bekerja sama," kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan saat acara di Jakarta, Senin malam.

Presiden Jokowi melanjutkan tidak ada satu pun yang dapat bekerja sendiri-sendiri untuk mewujudkan cita-cita bangsa itu.

Baca juga: Prabowo dan Erick Thohir hadiri Bimtek dan Perayaan HUT Ke-25 PAN

Baca juga: PDIP hormati keputusan PAN yang tak undang HUT Ke-25 PAN


"Kita tidak bisa bekerja sendiri. Kita butuh tim kuat dan solid untuk mewujudkan cita-cita kita. Saya yakin PAN mampu. Selamat hari jadi PAN ke-25. Semoga Allah SWT senantiasa memberi rahmat, ridho bagi kita semua," kata Jokowi menutup sambutannya.

Rangkaian peringatan HUT Ke-25 PAN pada 28–29 Agustus 2023 di antaranya terdiri atas pembukaan bimbingan teknis (bimtek) yang diikuti oleh calon anggota legislatif PAN dari Provinsi Aceh sampai Papua.

Dalam acara pembukaan bimtek itu, ketua-ketua umum partai terutama yang tergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) turut hadir. Para ketua umum yang hadir, yaitu Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus bakal calon presiden Prabowo Subianto, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra.

Gerindra dan PAN saat ini tergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang mengusung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. PAN resmi mendukung Prabowo saat acara deklarasi bersama Golkar di Jakarta pada 13 Agustus 2023. Dengan demikian, saat ini Prabowo menerima dukungan dari partai-nya, Gerindra, PKB, PAN, dan Golkar.

Sementara itu, untuk usulan pendamping Prabowo, PAN konsisten menyodorkan nama Erick Thohir sebagai bakal calon wakil presiden.

Erick Thohir juga turut hadir dalam rangkaian peringatan HUT Ke-25 PAN tersebut.

Walaupun demikian, sejauh ini Prabowo belum mengumumkan bakal calon wakil presidennya, begitu pun dengan bakal calon presiden lainnya, yaitu Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Dalam rangkaian acara HUT itu, tidak hanya ketua-ketua umum partai dari KKIR dan Erick Thohir, pejabat dan tokoh lain yang hadir, di antaranya Ketua MUI Anwar Abbas, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023