Jakarta (ANTARA) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menyerukan gerakan menanam pohon kepada seluruh elemen masyarakat sebagai mitigasi polusi secara alami.

"Kita bersama-sama seluruh elemen masyarakat termasuk dunia usaha, pemerintah, kita bicara cinta lingkungan. Tanam pohon supaya bisa memberikan kesejukan," kata Siti Nurbaya Bakar dalam konferensi pers virtual diikuti dalam jaringan Sekretariat Presiden di Jakarta, Senin.

Baca juga: KLHK: Hati-hati melihat alat ukur kualitas udara berparameter tunggal

Ia mengatakan pohon pada siang hari mengeluarkan oksigen (O2) yang baik baik kesehatan, sekaligus sebagai teman kehidupan.

Upaya mitigasi udara kotor secara alami dapat dilakukan dengan menanam pohon berdiameter batang besar oleh seluruh pemangku kepentingan terkait, termasuk perkantoran, masyarakat, dunia usaha, hingga di area gedung-gedung besar.

Baca juga: KLHK lakukan modifikasi cuaca hingga tanam pohon untuk perbaiki udara

"Bisa di teras gedung yang besar. Kita perlu tanam sebanyak-banyaknya, kalau perlu jarak tanamnya diatur jangan seperti biasa 3x1 meter, tetapi cukup 1x1 meter dan lainnya," kata dia.

Siti mengatakan, Presiden Joko Widodo juga meminta dilakukan gerakan serentak menanam pohon melalui pelibatan seluruh komponen masyarakat.

Baca juga: KLHK beri sanksi 11 industri cemari udara

"Pak Presiden meminta untuk digerakkan bersama-sama dan saya mohon dukungan," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023