Ditargetkan (akhir) tahun ini, kalau bisa lebih awal
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau DJPI menargetkan lelang pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap atau Getaci pada akhir tahun ini.

"Ditargetkan (akhir) tahun ini, kalau bisa lebih awal. Kita kejar tahun ini harusnya proyek Tol Getaci bisa lelang," ujar Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Herry Trisaputra Zuna di Jakarta, Selasa.

Herry mengatakan, Kementerian PUPR saat ini sedang menyiapkan agar Proyek Tol Getaci dapat dilelang.

"Sedang disiapkan, memang proyek Tol Getaci sedang dikaji (review) baik aspek teknis maupun finansialnya, nanti setelah hal tersebut selesai maka kita langsung lelang," katanya.

Herry juga mengatakan bahwa ruas Proyek Tol Getaci yang dilelang dari Gedebage sampai dengan Ciamis.

Sedangkan untuk pengadaan lahan Proyek Tol Getaci sudah sampai Garut Utara, dan proses pengadaan lahan terus berjalan.

Jalan Tol Getaci adalah jalan tol yang termasuk ke dalam salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Provinsi Jawa Barat, sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 109 tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Proyek Tol Getaci sampai Ciamis ini berperan untuk menghubungkan Jaringan Jalan Tol Getaci dengan Jaringan Jalan Tol NYIA Kulonprogo - Yogyakarta - Solo.

Pembangunan jalan tol ini bertujuan untuk menghubungkan Jawa Barat dengan Jawa Tengah serta mendukung pariwisata di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Proyek Jalan Tol Getaci dirancang memiliki satu persimpangan (junction) dan 7 simpang susun (SS) atau interchange yakni persimpangan Gedebage, SS Majalaya, SS Nagreg, SS Garut Utara, SS Garut Selatan, SS Singaparna, SS Tasikmalaya, dan SS Ciamis.

Proyek Tol Getaci sampai Ciamis tersebut memiliki panjang 108,3 km dan memiliki 2x2 lajur.

Baca juga: PUPR: Proyek Tol Getaci bisa terkoneksi secara bertahap hingga Yogya
Baca juga: PUPR: Proyek Tol Getaci sampai Ciamis agar pembangunan lebih terukur

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023