Roma (ANTARA) - Layanan kereta api antara Prancis dan Italia dihentikan sementara pada Senin (28/8) setelah terjadi tanah longsor besar yang memblokir akses ke serangkaian terowongan.

Di daerah pegunungan Italia, tanah longsor memaksa puluhan orang dievakuasi.

Hanya beberapa hari setelah gelombang panas terik melanda, Italia kini mengalami penurunan suhu yang signifikan disertai angin kencang dan hujan lebat yang mengakibatkan tanah longsor dan memicu peringatan banjir.

Menurut laporan media lokal, longsor lumpur memaksa sekitar 70 orang dievakuasi di dekat kota pegunungan Alpine, Cortina d'Ampezzo, dan puluhan lainnya harus dievakuasi karena banjir di daerah Valtellina, Lombardy, Milan utara. Jalan-jalan ditutup, dan peringatan banjir dikeluarkan di seluruh Italia utara, termasuk di dan sekitar kota Genoa, Milan, Turin dan Verona.
 
  Petugas pemadam kebakaran memindahkan cabang yang patah setelah badai petir di Milan, Italia, pada 25 Juli 2023. (Xinhua)  
 


 Di Venesia, sistem antibanjir berteknologi tinggi digunakan tahun ini, saat kota tersebut menghadapi risiko banjir pada Agustus.

Biasanya, musim banjir di wilayah tersebut dimulai pada Oktober. Semua ini terjadi hanya beberapa hari setelah berakhirnya gelombang panas ketiga terbesar di negara itu pada musim panas.

Jumat (25/8) lalu, Kementerian Kesehatan Italia mengatakan bahwa 19 dari 27 kota terbesar di negara tersebut berada dalam peringatan panas ekstrem, dengan suhu tinggi yang menimbulkan ancaman kesehatan bahkan bagi individu muda yang sehat.   

Suhu mengalami penurunan di Italia selatan pada Senin, tetapi tanpa hujan yang mengguyur sebagian besar wilayah lain di negara itu.

Setelah berpekan-pekan mengalami kekeringan, risiko kebakaran tetap ada, dan muncul laporan terkait kebakaran hutan baru di sekitar ibu kota Sicilia, Palermo, dan di daerah pedesaan di Pulau Sardinia.

Tidak ada laporan tentang korban luka serius akibat kebakaran baru-baru ini, meskipun jaringan transmisi listrik di Sardinia mengalami kerusakan sehingga menyebabkan pemadaman singkat. 

Selama akhir pekan, sistem cuaca dingin menyebabkan suhu lebih rendah di negara itu. Pada Senin, hanya satu kota yang berada dalam status "siaga merah".

Layanan kereta api yang menghubungkan wilayah Piedmont di Italia dengan wilayah Savoy Alpen di Prancis melintasi Pegunungan Alpen ditutup pada Senin akibat tanah longsor di Lembah Maurienne di Prancis pada Minggu (27/8), dan berpotensi tetap ditutup selama berhari-hari atau bahkan satu pekan, menurut operator kereta api di kedua negara.
 


Wisatawan menyegarkan diri dengan air dari air mancur dekat Pantheon di Roma, Italia, pada 18 Juli 2023. (Xinhua/Jin Mamengni)a
 
     
     
 


 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023