Jakarta (ANTARA/JACX) – Lilly Indiani Suparman Wenda merupakan salah satu anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia yang berasal dari Provinsi Papua Pegunungan.

Lily Wenda terpilih sebagai pembawa baki bendera Merah Putih dalam Upacara HUT ke 78 RI di Istana Negara. Sebuah unggahan video di YouTube menarasikan Jokowi resmi menjadikan Lili Indiani sebagai anak angkatnya. Dalam video berdurasi tiga menit tersebut menampilkan Presiden Jokowi melakukan foto bersama Ibu Iriana, Lilly, dan Ibu dari Lilly.

Selain itu, dalam video tersebut juga dinarasikan Jokowi membawa Lilly ke Solo agar pendidikannya lebih terjamin.Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“ALHAMDULILLAH, Resmi Jadi Anak Angkat Presiden Jokowi. Lilly Wenda Akhirnya Diboyong ke Solo”

Namun, benarkah Presiden Jokowi jadikan Lilly Wenda anak angkat?

 

Unggahan video hoaks yang menarasikan Jokowi jadikan Lilly Wenda sebagai anak angkat. Faktanya, belum ada informasi resmi mengenai hal tersebut. (YouTube)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, dalam video tersebut tidak ada informasi ataupun penjelasan dari sumber resmi mengenai Presiden Jokowi menjadikan Lilly Wenda menjadi anak angkat.

Foto dalam thumbnail video tersebut juga merupakan editan. Foto aslinya merupakan foto Lilly bersama Ibunya serupa dengan unggahan pada laman Kapanlagi.com yang berjudul “Potret Lilly Wenda Pemegang Baki Pengibaran Bendera di Istana Merdeka 2023, Pemegang Baki Pertama Asal Papua”.

Kemudian, foto Jokowi memegang handphone untuk berfoto serupa dengan unggahan pada laman Detik yang berjudul “Gaya Jokowi Ajak Erdogan Nge-Vlog Bareng”.

Dengan demikian, unggahan yang menarasikan Presiden Jokowi jadikan Lilly Wenda anak angkat merupakan keliru. Hingga saat ini, belum ada informasi resmi mengenai pernyataan tersebut.

Klaim: Presiden Jokowi jadikan Lilly Wenda anak angkat

Rating: Disinformasi

Cek fakta: Hoaks! Foto Jokowi temui Anies dan tawarkan Gibran jadi bakal cawapres

Cek fakta: Hoaks! Jokowi pakai baju China saat upacara HUT RI

Baca juga: Lilly Wenda bangga terpilih jadi pembawa baki bendera

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023