Jakarta (ANTARA) - Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menggelar lomba penulisan artikel dan konten video sejarah dan aktivitas lokal Muhammadiyah yang bertajuk Fachrodin Award 2023.

"Perlombaan Fachrodin Award bertujuan mengangkat kiprah tokoh-tokoh lokal Muhammadiyah yang berperan nyata bagi masyarakat," kata Ketua Panitia Pelaksana Fachrodin Award Hasanul Rizqa dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.
 
Hasanul mengatakan ajang yang digelar untuk kali kedua ini mengusung tema "Sumbangsih Muhammadiyah Dalam Mendorong Kemajuan". Adapun dalam perlombaan ini terdapat tiga topik yang menjadi sub-tema yang akan dinilai.

Baca juga: Muhammadiyah luncurkan mobil-rumah singgah oksigen hadapi karhutla
 
Dia menyebutkan topik pertama adalah "peran dan dakwah kader Muhammadiyah dalam berbagai bidang kehidupan", topik kedua adalah "peran Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dalam melayani umat dan warga bangsa", serta yang ketiga adalah "tokoh Muhammadiyah di tingkat lokal".
 
Wakil Ketua MPI PP Muhammadiyah Roni Tabroni menjelaskan Fachrodin Award lebih fokus mengangkat tokoh-tokoh lokal Muhammadiyah yang ada di seluruh pelosok Indonesia, termasuk mancanegara.
 
Adapun tokoh-tokoh lokal, kata Roni, dipilih karena mereka perlu lebih dikenal oleh masyarakat luas melalui publikasi di media-media massa.
 
"Mereka perlu diangkat setidaknya untuk memberikan inspirasi kepada kader Muhammadiyah lain dan masyarakat umum tentang arti penting berjuang dan berdakwah hingga di lorong-lorong terjauh sekalipun, tanpa sorot kamera dan riuhnya tepuk tangan," ujarnya.

Baca juga: Muhammadiyah rumuskan gerakan atasi krisis lingkungan
 
Jika Fachrodin Award tahun lalu hanya dibuka untuk lomba kategori penulisan, kata Roni, pada tahun 2023 ini ada dua kategori lainnya, yakni video atau film pendek dan tokoh inspiratif.
 
Dengan mengikuti kategori video atau film pendek, kata dia, peserta diharapkan dapat mengangkat kader-kader Muhammadiyah yang ada di daerah atau pelosok yang telah memberikan kontribusi terhadap dakwah persyarikatan dalam berbagai bidang.
 
"Video ringkas tersebut bisa pula menampilkan peran AUM yang berupa lembaga pendidikan, sosial, pelayanan kesehatan, ekonomi, dan lain-lain, di daerah-daerah yang perannya besar bagi masyarakat dan kemanusiaan," ujarnya.
 
Panitia Fachrodin Award menerima kiriman tulisan, serta video atau film pendek dari para peserta hingga tanggal 29 Oktober 2023. Selain itu, pemenang dan nominasi tokoh-tokoh lokal inspiratif akan diumumkan pada saat perayaan Milad Muhammadiyah pada 18 November 2023.

Baca juga: Muhammadiyah: Perlu kerja sama pemerintah-masyarakat atasi kemiskinan
 
Informasi lebih lanjut dapat dilihat melalui akun instagram https://www.instagram.com/fachrodin.award.

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023