Jakarta (ANTARA) - PT. Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero) mendapat kunjungan dari Duta Besar (Dubes) Malaysia untuk Indonesia Dato' Syed Malaysia Dato' Syed Md Hasrin Tengku Hussin untuk membahas hubungan kerja sama terkait peningkatan perdagangan dan investasi dengan ASIC Offshore & Marine SDN BHD.

Direktur Utama PT. Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero) Ari Rochmat mengatakan, kunjungan ini merupakan realisasi dari penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pada Januari 2023.

Menurutnya, kerja sama ini semakin memperkuat posisi perusahaan dalam menjalankan usahanya.

"Kerja sama dengan ASIC Offshore & Marine SDN BHD akan semakin memperkuat dan dapat mendukung posisi PT. Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero) dalam menjalankan usahanya yaitu perbaikan dan pemeliharaan kapal, pembangunan kapal baru serta menangkap pangsa pasar yang lebih besar terutama di bidang Industri Minyak & Gas serta Maritim," ujar Ari melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

ASIC Offshore & Marine SDN BHD merupakan perusahaan Malaysia yang bergerak di bidang Jasa perbaikan, Pengadaan dan Pembelian Kapal dan Perkapalan serta Peralatan Kelautan, Reparasi Baja pada Pekerjaan Lepas Pantai.

Penandatanganan MoU sebelumnya, disaksikan langsung oleh Yang Terhormat Perdana Menteri Malaysia Dato Seri Anwar Ibrahim, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

MoU tersebut membahas tentang pengembangan Bisnis antara PT. Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero) dan ASIC Offshore SDH BHD mengenai Green Shipyard Galangan Kapal Batam, pengadaan Floating Dock dan Rencana Bisnis lainnya.

Rencana kerjasama dibagi menjadi jangka menengah dan jangka panjang. Jangka menengah berupa pengadaan Floating Dock Baru/bukan baru kapasitas 6000-9000 TLC, pembangunan Kapal Baru Barge dan Tugboat. Sedangkan jangka panjang terkait pengadaan Floating Dock Baru Kapasitas 15.000-16.000 TLC dan Pengembangan Galangan Batam dengan konsep Green Shipyard.

Saat ini kerjasama yang telah direalisasikan adalah ASIC Offshore SDH BHD melalui perusahaannya di Indonesia yaitu PT. ASIC Energi Nusantara yang menjadi mitra dalam proses perbaikan dan pemeliharaan kapal di PT. Dok Dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero) seperti PT. Pelni dan perusahaan swasta lainnya.

Kerjasama lainnya adalah pengadaan material utama (steel plate) dan material pendukung lainnya dalam proses perbaikan dan pemeliharaan kapal.

Baca juga: PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari teken MoU dengan ASIC Malaysia

 

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023