semua kami pastikan berjalan aman dan pertandingan bisa disaksikan dengan meriah
Jakarta (ANTARA) - PT PLN (Persero) menerapkan skema pengamanan kelistrikan berlapis untuk mendukung gelaran Piala Dunia FIBA 2023 di Indonesia Arena Gelora Bung Karno Jakarta pada 25 Agustus sampai 3 September 2023.

Hingga Selasa (29/8) atau hari ke-5 pelaksanaan, PLN terus menyiapkan pasokan listrik berlapis dan posko siaga dengan ratusan petugas.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo lewat keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu menjelaskan Piala Dunia FIBA 2023 merupakan ajang olahraga internasional yang menjadi perhatian banyak negara.

Atas hal tersebut, PLN mengambil peran dalam menjaga pasokan listrik yang handal, khususnya untuk di tempat pertandingan.

"Kami sudah berpengalaman mendukung gelaran event internasional. G20, MotoGP, Asian Games, dan beragam acara internasional lainnya. Kami mengerahkan semua kekuatan kami, baik itu personel, alat pendukung, penyiagaan jaringan listrik dan pasokan listrik semua kami pastikan berjalan aman dan pertandingan bisa disaksikan dengan meriah," ujar Darmawan.

Baca juga: PLN catat rasio elektrifikasi di Papua Barat mencapai 88,75 persen

Baca juga: PLN UID Sulselrabar siapkan 11 SPKLU terintegrasi di Trans Sulawesi


Sedangkan, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Lasiran mengatakan PLN terus menyiagakan suplai listrik empat lapis penyulang untuk laga-laga yang digelar di Indonesia Arena.

Sebagai cadangan, PLN juga menyiagakan dua unit gardu bergerak total daya 2.000 kiloVolt Ampere (kVA) dan lima unit Uninterruptible Power Supply (UPS) dengan total daya 2.000 kVA.

"Kami siap menjaga kehandalan listrik untuk FIBA World Cup dengan kekuatan penuh. Mobile Control Center kami hadirkan di Indonesia Arena dan personel juga standby di lokasi," kata Lasiran.

Lasiran menjelaskan sebanyak 350 personel bersiaga di lokasi maupun di posko kelistrikan. Ia mengharapkan peran dan dukungan para personel siaga kelistrikan ikut menyukseskan Indonesia sebagai salah satu tuan rumah dalam penyelenggaraan olahraga basket dunia tersebut.

"Memang sudah menjadi keseharian kami siaga kelistrikan, namun untuk event-event besar kesiagaan kami tingkatkan dan persiapkan dengan baik," kata dia.

Baca juga: Kemenperin tingkatkan kinerja industri tekstil di tahun politik

Baca juga: PLN jamin listrik andal tanpa kedip di perhelatan MTQ XXXI Kalbar

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023