Bimbingan teknis sertifikasi diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk dan daya saing sehingga produk lokal dapat masuk ke dalam pengadaan pemerintahan melalui e-Katalog
Biak (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Biak Numfor, Papua, memberikan bimbingan teknis (bimtek) Sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) produk Industri Kecil Menengah (IKM) bagi 30 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) setempat.

"Bimbingan teknis sertifikasi diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk dan daya saing sehingga produk lokal dapat masuk ke dalam pengadaan pemerintahan melalui e-Katalog," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Biak Numfor Djoni Domeng saat membuka bimtek sertifikasi pelaku UMKM di Biak, Rabu.

Ia mengatakan, dengan masuknya produk lokal ke dalam e-Katalog diharapkan perputaran uang pemerintah yang bersumber dari APBD dan APBN dapat dinikmati pelaku UMKM di Kabupaten Biak Numfor.

Djoni mengingatkan komponen TKDN yang harus diperhatikan dalam setiap pengadaan barang minimal wajib 25 persen hingga 40 persen.

Dengan kebijakan ini, menurut Djoni, diharapkan dapat menggairahkan pertumbuhan industri kecil lokal di Kabupaten Biak Numfor.

"Saya berharap peserta bimtek Sertifikasi TKDN bagi 30 pelaku UMKM dapat mengikuti hingga selesai guna menjadi bekal dalam berusaha," harap Djoni membacakan pesan langsung Bupati Herry Ario Naap.

Diakui Djoni, tujuan pelaksanaan kegiatan bimtek bertujuan untuk memberikan kesempatan dan peluang bagi IKM yang ada di Kabupaten Biak Numfor bisa meraih pasar produk industri yang dihasilkan.

"Pemkab Biak Numfor memberikan apresiasi kepada pelaku UMKM yang sudah mengikuti bimtek karena menjadi kebutuhan bagi industri kecil menengah," katanya.

Baca juga: Perbankan di Biak sediakan fasilitas kredit usaha rakyat bagi UMKM

Baca juga: BPPKSLN Papua latih manajemen pelaku UMKM OAP Biak-Supiori

Baca juga: Pemkab Biak berikan pendampingan berdayakan ekonomi pelaku UMKM OAP

Baca juga: Pemkab Biak minta penyaluran KUR untuk UMKM OAP tanpa agunan

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023