Slovenia (ANTARA) - Hubungan Uni Eropa (EU) dan China merupakan salah satu hubungan yang secara strategis paling penting, kata Menteri Perekonomian, Pariwisata, dan Olahraga Slovenia Matjaz Han dalam sebuah wawancara tertulis kepada Xinhua, Selasa (29/8).

"EU dan China merupakan dua pedagang terbesar di dunia. Tingkat saling ketergantungan ekonomi di antara keduanya pun tinggi," kata Han di sela-sela Forum Strategis Bled (BSF) ke-18 yang ditutup di Bled, Selasa.

Hubungan antara EU dan China tidak hanya penting secara strategis, dalam kaitannya dengan perekonomian global, tetapi juga penting bagi ketahanan pangan global, ketahanan iklim, masalah kesehatan, serta pembiayaan berkelanjutan bagi negara-negara berkembang, jelas Han.
 
   Kereta barang Chongqing-Xinjiang-Eropa membawa lebih dari 1.100 ton polivinil alkohol dan produk kimia lain saat meninggalkan Pelabuhan Guoyuan di Chongqing menuju Duisburg Jerman, pada 20 Februari 2022. (ANTARA/Xinhua/Tang Yi )


Terkait prospek kerja sama bilateral di bidang perdagangan dan investasi, Han mengatakan perdagangan bilateral antara China dan Slovenia semakin meningkat setiap tahun.

Han menuturkan bahwa Slovenia bertekad meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi dengan China. Slovenia pun, lanjutnya, menyambut baik investasi teknologi dalam proyek-proyek pembangunan berkelanjutan, ramah lingkungan, dan sirkular.

"Kami tertarik untuk menjalin kerja sama di bidang komponen otomotif, khususnya di bidang kendaraan listrik dan hibrida plug-in, teknologi informasi dan komunikasi (TIK), bioteknologi, material baru, produksi energi alternatif, pengelolaan limbah dan air, perawatan warga lanjut usia, dan lain-lain," ujar Han.

Sementara itu, soal kerja sama Slovenia dengan China dalam kerangka Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra, Han menyebutkan kemitraan itu menyangkut bidang-bidang utama, termasuk transportasi, logistik, infrastruktur, promosi perdagangan dan investasi, keuangan, ilmu pengetahuan dan teknologi, olahraga dan pariwisata, serta pertukaran budaya dan antarmasyarakat.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023