Tentu saja harapannya produk kulit Garut bisa dikenal dunia, ini menjadi daya tarik tersendiri.
Garut (ANTARA) - Produk fesyen bahan baku kulit dari Kabupaten Garut, Jawa Barat kembali mendapatkan kesempatan ikut serta dalam pameran tingkat dunia dalam ajang bergengsi New York Fashion Week 2023, Amerika Serikat, untuk meningkatkan pemasaran dan promosi ke pasar mancanegara.

"Alhamdulillah produk kulit dari Garut dapat kesempatan untuk ikut pameran di Amerika Serikat dalam acara New York Fashion Week di bulan September," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Energi Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Kabupaten Garut Ridwan Effendi, di Garut, Rabu.

Ia menuturkan pelaku industri kecil menengah (IKM) yang mendapatkan kesempatan ikut pameran tersebut, yakni dari IKM Garut Kulit yang rencananya akan memamerkan sejumlah produk unggulan seperti tas, dompet, dan lainnya yang semuanya dari bahan baku kulit.

Pameran bergengsi itu, kata dia, tentunya menjadi kesempatan bagi pelaku IKM produk kulit dari Garut untuk meningkatkan pemasaran sekaligus mempromosikan produk bahan baku kulit yang berkualitas ke seluruh dunia.

"Tentu saja harapannya produk kulit Garut bisa dikenal dunia, ini menjadi daya tarik tersendiri," katanya pula.

Dia menyampaikan pameran yang dihadiri sejumlah pelaku usaha berbagai negara itu tentunya secara tidak langsung akan mengenalkan kepada dunia bahwa di Indonesia, khususnya di Kabupaten Garut memiliki industri kulit yang cukup besar.

Jika sudah dikenal luas ke berbagai negara, kata Ridwan, tentunya pasar untuk menjual produk dari Garut itu semakin terbuka yang akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan bagi pelaku IKM produk kulit.

"Konsumen kulit di dunia ini diharapkan berdampak pada market yang semakin terbuka, dan tahu bahwa di dunia ini ada salah satu kawasan produk kulit terbesar di Indonesia yaitu di Garut," katanya lagi.

Ia mengungkapkan IKM Garut Kulit itu mendapatkan kesempatan karena adanya hubungan baik dan memiliki jaringan dengan banyak komunitas industri kulit.

Selain itu, ujar dia lagi, tentunya upaya Pemkab Garut yang selama ini terus mendukung dan mengenalkan produk unggulan Garut, salah satunya industri kulit ke pasar mancanegara.

"Pameran di tingkat dunia ini yang ketiga kalinya, sebelumnya Italia, kemudian kemarin Rusia, dan sekarang di New York, dan kegiatan ini salah satu agenda besar di dunia," kata Ridwan.
Baca juga: KemenKopUKM dan Pemda Garut dukung produk UMKM kulit mendunia
Baca juga: Poppy Dharsono bawa kulit Garut di ajang Moscow Creative Week 2023

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023