Padat Karya Tunai 2024 ditargetkan menyerap 264 ribu tenaga kerja dengan anggaran Rp6,67 triliun,
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa anggaran untuk Program Padat Karya Tunai pada 2024 dialokasikan sebesar Rp6,67 triliun.

"Padat Karya Tunai 2024 ditargetkan menyerap 264 ribu tenaga kerja dengan anggaran Rp6,67 triliun," ujar Basuki dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, padat karya bidang sumber daya air untuk 2024 dialokasikan sebesar Rp1,57 triliun yang dilanjutkan melalui pelaksanaan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) di 7.000 lokasi.

Baca juga: Dana Infrastruktur IKN tahun 2024 sebesar Rp35,37 triliun

Program Padat Karya bidang jalan dan jembatan dialokasikan sebesar Rp2 triliun dengan kegiatan preservasi jalan dan jembatan, revitalisasi drainase jalan.

Untuk Padat Karya bidang permukiman dialokasikan sebesar Rp2,10 triliun, dengan kegiatan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di 1.183 lokasi, Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) di 1.546 lokasi, Sanitasi Lembaga Pendidikan Keagamaan (PLK) di 1.279 lokasi, Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) di 738 lokasi, termasuk dukungan untuk kemiskinan ekstrem.

Kemudian untuk Padat Karya bidang perumahan dialokasi sebesar Rp1,0 triliun, dengan kegiatan dukungan Penanganan Kemiskinan Ekstrem (PKE) melalui Program Padat Karya skema Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebanyak 45.872 unit rumah.

Program Padat Karya Kementerian PUPR dilaksanakan melalui pembangunan infrastruktur yang melibatkan masyarakat/warga setempat sebagai pelaku pembangunan, khususnya infrastruktur berskala kecil atau pekerjaan sederhana yang tidak membutuhkan teknologi.

Baca juga: Menteri PUPR: Penyediaan perumahan bagi masyarakat harus dilanjutkan

Selain untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat, Padat Karya juga bertujuan mendistribusikan dana hingga ke desa/ pelosok.

Melalui program Padat Karya, Kementerian Pekerjaan PUPR berkomitmen mendukung terwujudnya percepatan penanganan kemiskinan ekstrem di Tanah Air.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023