Solo (ANTARA) -
Pura Mangkunegaran Surakarta akan melibatkan sejumlah pelaku UMKM di Solo untuk menyelenggarakan bulan batik pada Oktober 2023.

"Kami akan menyelenggarakan di Mangkunegaran. Setelah ini nanti September, Oktober ada bulan batik. Setiap minggu akan ada banyak kegiatan di Mangkunegaran," kata penguasa Mangkunegaran Adipati Mangkunegara X usai bertemu Wali Kota Surakarta di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Kamis.
 
 
 
Ia mengatakan nantinya beberapa kegiatan yang diselenggarakan mulai dari pameran hingga peragaan busana yang akan dilakukan di Taman Pracima Tuin.
 
 
 
Pihaknya juga akan berkolaborasi dengan komunitas asal Jakarta untuk mengusung hari batik.
 
 
 
"Jadi kami akan buat rangkaian selama satu bulan batik. Nanti akan padat acara," katanya.
 
 
 
Yang menarik, pada bulan batik tersebut pihaknya juga akan memamerkan sejumlah koleksi batik khas Mangkunegaran yang kebanyakan merupakan karya dari Gusti Putri Mangkunegara VIII.
 
 
 
"Itu hasil karya eyang putri, ada khasnya sendiri, coraknya khas Mangkunegaran. Pada bulan Oktober nanti beberapa (koleksi, Red.) akan kami pamerkan," katanya.
 
 
 
Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan selama ini Pura Mangkunegaran sudah terbukti mampu mengangkat UMKM supaya lebih berkembang.
 
 
 
Salah satunya belum lama ini Pura Mangkunegaran menjadi lokasi pelaksanaan Hari UMKM Nasional.
 
 
 
"Di Hari UMKM Nasional kemarin transaksinya mencapai Rp3 miliar selama tiga hari. Apalagi September-Oktober nanti di Mangkunegaran tidak berhenti. Jadi ini bagus sekali," katanya.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023