Biak (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Biak Numfor, Papua mengajak warga setempat melakukan pengolahan sampah daur ulang menggunakan metode 3 R (reduce, reuse dan recycle) untuk mengurangi limbah di lingkungan.

"Keterlibatan masyarakat mengolah sampah 3R merupakan program untuk memberikan peluang ekonomi ke warga," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Biak Numfor Iwan Ismulyanto di Biak, Kamis.

Baca juga: Pemkab Badung menggandeng PT PP kerja sama atasi masalah sampah

Ia mengakui, setiap hari jumlah atau volume limbah sampah yang diangkut dari pasar, rumah tangga dan sampah lingkungan mencapai sebanyak 50 ton hingga 60 ton/hari.

Ketika warga Kabupaten Biak Numfor ikut mengolah sampah dengan metode 3R atau daur ulang, menurut Iwan, maka secara langsung akan berdampak dengan pengurangan limbah sampah.

"Tujuan prinsip 3R adalah untuk mengurangi atau mencegah produksi sampah lebih awal untuk diolah menjadi bermanfaat hingga bernilai ekonomis," kata Iwan.

Baca juga: Telkom Magelang dorong Tim Daur Makmur kelola sampah jadi bernilai

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Sekda Kabupaten Biak Numfor ZL Mailoa mengaku daerahnya sebagai kota kecil terbersih di Indonesia karena telah enam kali menyabet piala Adipura harus dijaga bersama.

Mailoa mengaku, pada tahun 2023 Pemkab Biak Numfor telah melakukan terobosan inovasi baru dalam pengelolaan sampah secara digital.

Baca juga: Kota Bekasi bangun TPS komunal untuk gerakkan warga kelola sampah

"Dengan cara menggunakan digitalisasi aplikasi penanganan sampah untuk mempercepat pengangkutan sampah," kata Sekda Mailoa berharap.

Salah satu petugas pengangkut sampah Viar mengaku setiap hari harus mengangkut limbah sampah di pinggiran pantai Yenures Distrik Biak Kota.

Baca juga: Kota Malang terapkan TPS 3R untuk pengelolaan sampah

"Setiap hari satu kali angkut sampah di pinggiran pantai dengan motor operasional bisa dapat tiga hingga enam kantong/hari," katanya.

Pantauan ANTARA,Kamis, pihak DLH Kabupaten Biak Numfor telah menyiapkan bak kontainer penampung sampah disebar pada ruas jalan strategis untuk menjaga kebersihan dan keindahan kota Biak sekitarnya.

Baca juga: Intip cara Anies kelola sampah di Jakarta
Baca juga: Dari sampah menjadi rupiah
Baca juga: Warga NU di Biak-Papua gelar aksi bersih kota

Pewarta: Muhsidin
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023