Jika pelemahan dolar hanya mungkin terjadi ketika tanda-tanda perlambatan pertumbuhan terlihat jelas, maka penguatan euro hanya mungkin terjadi ketika kesuraman perekonomian saat ini mereda.
Singapura (ANTARA) - Euro melonjak di sesi Asia pada Kamis sore, berada di level tertinggi 15 tahun terhadap yen, karena pasar mengantisipasi angka inflasi Eropa yang membandel, sementara dolar tertekan menjelang data konsumsi, inflasi dan pekerjaan yang dapat menambah bukti pelemahan perekonomian.

Survei manufaktur China yang sedikit lebih baik dari perkiraan menjaga yuan, dolar Australia, dan dolar Selandia Baru tetap stabil di perdagangan Asia, meskipun ketiganya diperkirakan akan mengalami penurunan bulanan yang cukup besar di tengah kekhawatiran terhadap perlambatan ekonomi China.

Aussie diperdagangkan 0,2 persen lebih kuat pada 0,6485 dolar AS dan kiwi, turun 4,0 persen untuk Agustus, bertahan pada 0,5960 dolar AS. Yuan diperdagangkan pada 7,2895 per dolar dengan kerugian bulanan 2,0 persen.

Baca juga: Euro melonjak di awal Asia karena inflasi, dolar tunggu data pekerjaan

Euro berada di 1,0922 dolar, setelah naik 0,4 persen pada Rabu (30/8/2023) ketika angka inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan di Jerman dan Spanyol menunjukkan pembacaan data di seluruh Eropa yang akan dirilis pada Kamis.

Para pedagang telah memperkirakan peningkatan peluang kenaikan suku bunga di Eropa bulan depan sekitar 50-50, dan euro telah mencapai level tertinggi baru dalam 15 tahun di 159,76 yen, meskipun para analis berpendapat kenaikan lebih lanjut memerlukan perbaikan besar dalam perekonomian.

“Jika pelemahan dolar hanya mungkin terjadi ketika tanda-tanda perlambatan pertumbuhan terlihat jelas, maka penguatan euro hanya mungkin terjadi ketika kesuraman perekonomian saat ini mereda,” kata ahli strategi Societe Generale, Kit Juckes.

Sterling, yang mengikuti kenaikan euro, juga menguat di 1,2723 dolar, meskipun sterling dan euro juga diperkirakan akan mengalami penurunan bulanan terhadap dolar pada Agustus.

Penguatan dolar dipicu oleh ekspektasi bahwa suku bunga akan bertahan lebih lama pada tingkat yang lebih tinggi, namun minggu ini melemah karena adanya gambaran penurunan pengeluaran dan perekrutan tenaga kerja di AS.

Baca juga: Dolar tergelincir karena data menunjukkan perekonomian AS melemah

Indeks dolar, meski masih naik lebih dari 1,0 persen untuk Agustus, sejauh ini telah turun 1,0 persen untuk minggu ini.

Data konsumsi pribadi AS dan PCE inti – yang merupakan ukuran inflasi favorit Federal Reserve – akan dirilis pada Kamis.

Semalam, Departemen Perdagangan merevisi turun pertumbuhan PDB kuartal kedua menjadi 2,1 persen dari perkiraan 2,4 persen. Data penggajian AS akan dirilis pada Jumat (1/9/2023) dan angka-angka lapis kedua minggu ini seperti lowongan pekerjaan dan penggajian swasta telah menunjukkan pelemahan.

“Lowongan kerja meningkat sangat tajam selama tiga bulan terakhir,” kata Steve Englander, kepala penelitian valas G10 di Standard Chartered. "Kami pikir hal ini akan terus berlanjut, dan bahkan mungkin ada revisi lebih lanjut terhadap perekrutan tenaga kerja dan lowongan pekerjaan (yang memberi The Fed) banyak alasan untuk diam saja."

Imbal hasil obligasi pemerintah AS dua tahun turun sekitar 17 basis poin menjadi 4,888 persen pada minggu ini dan dana berjangka Fed menyiratkan peluang kenaikan suku bunga 40 persen pada akhir tahun, dibandingkan dengan sekitar 55 persen pada awal pekan.

Kemunduran dolar, seiring dengan kekhawatiran terhadap intervensi pemerintah, telah memantapkan yen. Yen 2,5 persen lebih rendah terhadap dolar bulan ini dan turun 10 persen untuk tahun ini, namun telah menemukan daya tarik di sekitar 146 yen per dolar.

Baca juga: Rupiah menguat pascarevisi data PDB AS jadi 2,1 persen

Data Jepang beragam pada Kamis, dengan pertumbuhan penjualan ritel 6,8 persen tahun-ke-tahun mengalahkan perkiraan 5,4 persen, tetapi produksi pabrik merosot. Pemogokan yang jarang terjadi di sebuah department store di Tokyo mungkin menandakan adanya tekanan kenaikan pada upah, meskipun perpecahan di antara para pembuat kebijakan menunjukkan bahwa respons terhadap hal ini masih belum bisa dilakukan.

Dolar terakhir diperdagangkan pada 145,87 yen. Bitcoin, yang telah melonjak minggu ini karena keputusan pengadilan yang mendukung prospek dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin, sedikit turun menjadi 27,251 dolar AS.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023