Kami merasa bangga menjadi bagian dan dapat melangkah bersama mereka dalam upaya pemenuhan target produksi pemerintah sebesar 1 juta barel per hari di tahun 2030
Jakarta (ANTARA) - PT BNI Sekuritas (BNI Sekuritas) berperan sebagai M&A sell-side advisor dalam pendampingan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) melalui afiliasi PHE Siak dan PHE Kampar untuk transaksi penjualan aset Wilayah Kerja Siak dan Wilayah Kerja Kampar kepada PT Energi Mega Persada Tbk (EMP).

Direktur Investment Banking BNI Sekuritas Nieko Kusuma dalam keterangan di Jakarta, Kamis, mengatakan upaya tersebut merupakan sejarah baru karena  Investment Banking BNI Sekuritas menjadi pionir pendampingan transaksi penjualan aset upstream (hulu) di industri migas Indonesia.

“Aksi korporasi ini bukan hanya sekadar penjualan aset, namun, merupakan bagian dari strategi yang lebih luas dari kedua nasabah korporasi tersebut. Kami merasa bangga menjadi bagian dan dapat melangkah bersama mereka dalam upaya pemenuhan target produksi pemerintah sebesar 1 juta barel per hari di tahun 2030 untuk menjaga pasokan migas Indonesia," ujar Nieko.

Penandatanganan perjanjian jual beli dilakukan pada 31 Juli 2023 lalu, yang mana pengalihan partisipasi interest tersebut merupakan salah satu strategi portofolio manajemen PT Pertamina (Persero) Grup untuk mendukung strategi pertumbuhan bisnis di dalam maupun luar negeri.

Sementara itu, EMP melalui perusahaan afiliasinya EMP Energi Gandewa dan EMP Energi Riau berkomitmen untuk meneruskan pengelolaan operasional Migas dari PHE di Wilayah Kerja Siak dan Kampar guna memenuhi kebutuhan energi nasional.

Selain itu, melalui potensi sinergi operasional dengan Wilayah Kerja EMP yang berada di wilayah Riau, diharapkan efisiensi dan efektivitas operasional kedua wilayah kerja tersebut dapat ditingkatkan di bawah manajemen operator baru.

Nieko berharap EMP dapat mengatasi tantangan operasional Migas, serta memenuhi kewajiban sebagai operator baru pada kedua wilayah kerja dengan lebih baik.

“Sebagai pendamping sekaligus penasihat, BNI Sekuritas berharap kedepannya bersama Pertamina Hulu Energi dengan Energi Mega Persada dapat terus menjalin hubungan bisnis yang erat dan bersinergi.” ujar Nieko.


Baca juga: Pemerintah umumkan kembali lelang WK Migas West Kampar
Baca juga: PHE - Posco kerja sama pengelolaan di Wilayah Kerja Bunga

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023