Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Inggris di Jakarta bekerja sama dengan Alunjiva, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia meluncurkan Tech to Empower 2023 di kantor Komisi Nasional Disabilitas di Jakarta. 

Bertemakan “Kolaborasi Pentahelix Menuju Indonesia Inklusif”, proyek Tech to Empower 2023 merupakan kelanjutan dari proyek unggulan 'Tech to Empower Digitally Ready Entrepreneurs' yang telah berjalan sejak 2020 dan telah berhasil memberdayakan lebih dari 500 penyandang disabilitas di seluruh Indonesia.

Proyek Tech to Empower 2023 merupakan sebuah langkah besar untuk memastikan bahwa penyandang disabilitas di Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam ekonomi digital. 

Selain itu, pedoman penempatan kerja bagi penyandang disabilitas dan UMKM milik pengusaha penyandang disabilitas akan dikembangkan melalui kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk perwakilan dari organisasi yang dipimpin oleh penyandang disabilitas, komunitas UMKM, pakar industri, pemerintah, organisasi inklusif, serta penyedia layanan kerja. Setelah diterbitkan, pedoman ini akan didistribusikan dan disosialisasikan kepada para pelaku industri utama di sektor teknologi dan digital.


Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Matt Downing mengatakan, “Ekonomi digital adalah metode efektif untuk pertumbuhan ekonomi dan inklusi sosial. Namun penyandang disabilitas sering kali dikucilkan karena kurangnya akses terhadap teknologi dan pelatihan yang relevan. Inggris diakui sebagai pelopor inklusivitas, dan kami berkomitmen untuk mendobrak hambatan dan menciptakan peluang baru bagi penyandang disabilitas. Kami bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dan pemangku kepentingan lainnya untuk menciptakan masyarakat yang lebih inklusif di mana setiap orang memiliki kesempatan untuk meraih kesuksesan" 

Co-Founder Alunjiva Indonesia, Fanny Evrita Ritonga mengatakan "Program Tech to Empower 2023 yang bertema “Kolaborasi Pentahelix menuju Indonesia inklusif” merupakan wujud komitmen bersama antara Alunjiva Indonesia dan UK Indonesia Tech Hub untuk pengembangan ekosistem digital inklusif di Indonesia, termasuk memberikan akses luas terhadap teknologi bagi komunitas penyandang disabilitas.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023