Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI dan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta memfasilitasi sarana informasi pelayanan pindah pemilih bagi warga rusun maupun apartemen.

"Pasca penetapan daftar pemilih tetap, KPU bekerja untuk mendata warga yang ingin pindah pemilih dari dimana dia sudah terdaftar," kata anggota KPU Provinsi DKI Jakarta Fahmi Zikrillah saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Fahmi menuturkan ketersediaan fasilitas itu untuk memastikan masyarakat Jakarta tidak kehilangan hak pilihnya pada Pemilu 2024.

Terlebih, dia menilai Provinsi DKI Jakarta akan menjadi sorotan publik pada penyelengaraan Pemilu 2024, maka dari itu ditekankan pentingnya ada kemudahan berbagi informasi melalui penyediaan fasilitas.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Bidang Regulasi dan Peran serta Masyarakat Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jani Manan Malau menyatakan pihaknya siap mendukung penuh penyelenggaraan Pemilu 2024. 

Baca juga: DKI bersama Bawaslu dan KPU komitmen jaga Jakarta tetap bersih

Jani juga menyampaikan pihaknya akan menyiapkan surat edaran kepada seluruh pengelola rusun dan apartemen agar memberikan kemudahan akses bagi KPU dalam sosialisasi daftar pemilih tambahan (DPTb).

"Diharapkan KPU maupun Dinas Perumahan dapat segera berkoordinasi dan menjadwalkan kegiatan sosialisasi di rusun dan apartmen tersebut," katanya.

Daftar Pemilih Tetap Provinsi DKI Jakarta pada Pemilu 2024 dari 8.252.897 pemilih, sebanyak 801.803 di antaranya pemilih pemula.

Selain itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta telah merilis Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota DPD dan DPRD Tingkat Provinsi DKI Jakarta melalui laman resmi jakarta.kpu.go.id.

Jumlah calon anggota DPD sebanyak 25 orang yang terdiri atas 16 orang laki laki dan 9 orang perempuan.

Baca juga: KPU Jaktim minta tempat penyimpanan logistik Pemilu 2024

Sementara DCS DPRD Provinsi DKI Jakarta sebanyak 1.818 orang yang terdiri atas 1.173 laki laki dan 645 perempuan.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023