Pangkalpinang (ANTARA) - Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja (kunker) spesifik kelautan dan perikanan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk memajukan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat nelayan di daerah ini.

"Kunjungan ini kita fokus untuk kelautan dan perikanan," kata anggota Komisi IV DPR RI Riezky Aprilia di Pangkalpinang, Jum'at.

Ia mengatakan dalam mendorong pembangunan sektor kelautan dan perikanan untuk peningkatan ekonomi masyarakat pesisir, maka Komisi IV DPR RI akan melakukan peninjauan langsung ke lapangan untuk menyerap aspirasi para nelayan.

"Dengan meninjau lokasi, maka kita baru tahu masalah yang dihadapi nelayan dalam meningkatkan hasil tangkapan ikan dan ekonomi keluarganya," kata dia.

Baca juga: "Illegal fishing" marak, nelayan Bangka Selatan sampaikan keresahan
Baca juga: Presiden Joko Widodo temui pedagang dan nelayan di Mentok


Ia menyampaikan DPR RI sendiri harus mendengar langsung apa yang dirasakan dan dikatakan masyarakat sehingga bisa menggali data yang selengkap-lengkapnya.

"Karena kami tidak boleh hanya mendengar rumor, makanya terjadi kunjungan spesifik ini," katanya.

Sementara itu, Sekda Babel Naziarto menjelaskan tujuan Komisi IV DPR RI kunker ke Babel mencari data tentang perikanan di provinsi ini agar usai kunker bisa mempertimbangkan hal-hal apa yang harus dilakukan.

"Semoga kehadiran anggota Komisi IV DPR RI dapat memberikan berkah bagi masyarakat Babel. Semoga kementerian terkait akan mengucurkan berbagai bantuan kepada para nelayan kita di Babel. Ini yang Kita harap," katanya. 

Pewarta: Aprionis
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023