"Pelatihan ini digelar dari Agustus sampai September 2023 yang berkolaborasi dengan Dinas Tenaga Kerja Pemerintah Daerah Deli Serdang,"
Medan (ANTARA) - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Medan membekali 16 warga binaan pemasyarakatan (WBP) pelatihan sepeda motor untuk mendapatkan sertifikat keahlian sepeda motor.

"Pelatihan ini digelar dari Agustus sampai September 2023 yang berkolaborasi dengan Dinas Tenaga Kerja Pemerintah Daerah Deli Serdang," ujar Kepala Rutan Kelas I Medan Nimrot Sihotang di Medan, Jumat.

Ia mengatakan pelatihan mekanik sepeda motor ini sebagai kegiatan untuk mewujudkan target kinerja Rutan Kelas I Medan tahun 2023 terkait kemandirian para WBP yang ada di tempat ini.

"Yaitu menurunkan residivis dan mewujudkan manusia menjadi mandiri, kami berharap setelah bebas mereka memiliki skill dan tidak mengulangi tindak kejahatan," tutur Nimrot.

Dia menambahkan sebelum digelar pelatihan praktik membongkar mesin sepeda motor, para WBP terlebih dahulu mengikuti belajar teori dari instruktur Pemda Deli Serdang.

Sebelumnya, Nimrot mengatakan Rutan Kelas I Medan telah membentuk koperasi pegawai yang salah satunya bertujuan untuk memberdayakan WBP menjadi mandiri.

Ia mengatakan, melalui koperasi tersebut, WBP dapat diberdayakan untuk mengembangkan usaha seperti usaha peternakan, pertanian, kerajinan tangan dan lain-lain di Rutan Kelas I Medan.

"Kami ingin memberikan edukasi kepada narapidana dengan tujuan agar mereka lebih mandiri," ucapnya.

Disamping mendapatkan pengetahuan, menurut Nimrot hasil dari usaha yang dilakukan WBP di Rutan sebagian untuk upah narapidana dan sebagian modal kas koperasi.

"Pembentukan koperasi pegawai ini juga melibatkan narapidana yang sudah bebas. Nantinya narapidana yang sudah bebas, bisa meminjam koperasi tersebut," ujarnya

Disamping itu, Rutan Kelas I Medan juga mengadakan pameran kerajinan tangan dari narapidana. Pihaknya juga membuka galeri bagi yang hendak membeli hasil karya WBP.

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023