Para penerima beasiswa BI memiliki peluang membawa perubahan positif untuk bangsa pada masa yang akan datang.
Banjarmasin (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan memberikan pendidikan literasi dan kepemimpinan kepada 125 orang mahasiswa penerima beasiswa BI yang tergabung dalam komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) Kalsel 2023.

Kegiatan tersebut dikemas dalam Capacity Building GenBI 2023 dengan tema “Sinergi dan inovasi menyongsong Indonesia Emas 2045”.

“Para penerima beasiswa BI memiliki peluang membawa perubahan positif untuk bangsa pada masa yang akan datang,” kata Kepala Kantor Perwakilan BI Kalsel Wahyu Pratomo di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: 26 mahasiswa Brunei dapat beasiswa gabungan studi di China

Wahyu menuturkan kekuatan suatu negara ditentukan oleh para pemuda, yang sudah terbukti dengan sejarah perubahan Bangsa Indonesia diawali oleh gagasan dan karya yang dilahirkan oleh generasi muda.

“Kita harus membekali generasi muda dengan berbagai keterampilan untuk menyambut bonus demografi 20 tahun mendatang,” ucapnya.
Para penerima beasiswa Bank Indonesia (BI) yang tergabung dalam Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) Kalsel mengikuti kegiatan “Capacity Building GenBI 2023”, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (1/9/2023). (ANTARA/HO-Humas BI Kalsel)
Dia menyebutkan beberapa tokoh dari kalangan pemuda yang membawa perubahan besar terhadap dunia melalui digitalisasi di antaranya Elon Musk, Mark Zuckerberg, Nadiem Makariem, dan William Tanuwijaya.

Menurutnya, upaya membekali pemuda mampu memberikan perubahan besar terhadap Indonesia dari negara berkembang menjadi negara maju,  para penerima beasiswa harus memiliki pribadi yang memiliki mimpi, konsisten, dan pantang menyerah.

Baca juga: Baitul Mal Aceh jaring penerima beasiswa pendidikan santri dari zakat

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel Nurliani Dardie selaku narasumber materi literasi mengatakan pemuda harus haus akan ilmu pengetahuan.

“Pemuda juga harus membekali jiwa kepemimpinan sejak dini agar memiliki kepribadian yang baik,” ujar Nurliani.

Pada kesempatan yang sama, Ketua GenBI Kalsel 2023 Dominikus Leonardy Irwanto mengatakan melalui kegiatan Capacity Building tersebut, para anggota komunitas penerima beasiswa tak hanya memperoleh ilmu kepemimpinan dan literasi tetapi juga mengetahui tugas dan fungsi BI.

Pada kegiatan tersebut, Humas dan Pustakawan BI Kalsel memberikan rangkaian permainan interaktif untuk mendorong kapasitas dan kemampuan para mahasiswa penerima beasiswa BI.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023