Chongqing, China (ANTARA) - Sebuah mobil van bertuliskan "keadilan" menarik perhatian warga di Longshui yang terletak di Distrik Dazu, Chongqing, China barat daya.

Xiang Zhizun, yang berusia di atas 60 tahun, mengatakan bahwa ini adalah kali pertama baginya melihat pengadilan keliling (mobile court). "Saya tidak mengira pengadilan akan menawarkan layanan dari pintu ke pintu (door to door)."

Satu dekade yang lalu, Chongqing memimpin upaya China dalam mengembangkan pengadilan keliling generasi pertama. Pengadilan keliling generasi ketiga dengan teknologi 5G yang dapat memberikan layanan digital, pintar, dan hemat biaya diluncurkan secara luring pada 2021.

Sebuah mobil pengadilan keliling yang terparkir di Longshui menggelar persidangan untuk sengketa mengenai kontrak konstruksi antara perusahaan real estat dan perusahaan teknik.

Tan Hongyan, hakim yang menangani kasus tersebut, mengatakan bahwa situasi konstruksi yang spesifik perlu diidentifikasi, dan pengadilan keliling memungkinkan kedua pihak untuk bersama-sama memeriksa lokasi kejadian.

Pengadilan keliling menyediakan layanan litigasi pintar yang meliputi pengajuan, persidangan, litigasi, mediasi, dan penyelesaian. "Hal ini tidak hanya memungkinkan masyarakat untuk menikmati layanan peradilan yang mudah diakses, tetapi juga memberikan kemudahan bagi hakim untuk melakukan investigasi lapangan," kata Tan.

Pengadilan keliling dilengkapi dengan mesin all-in-one untuk layanan litigasi mandiri, platform layanan litigasi seluler, identifikasi menggunakan kecerdasan buatan (AI), pemeriksaan silang elektronik, pengenalan suara, tanda tangan elektronik, siaran langsung berbasis jaringan 5G, dan rekaman persidangan pintar panorama, menurut Zhang Wei dari Pengadilan Tinggi Rakyat Kota Chongqing. "Ini adalah pengadilan kecil modern dengan fungsi yang lengkap."

Pengadilan keliling 5G telah menjadi cara baru untuk mendorong popularisasi hukum dan distribusi sumber daya peradilan di kota pegunungan dengan medan yang kompleks ini.

Sebuah mobil pengadilan keliling terparkir di dekat hutan restorasi ekologi di Gunung Simian di Distrik Jiangjin, Chongqing, untuk menyidangkan kasus deforestasi pada 10 Agustus, menjelang Hari Ekologi Nasional pertama di negara itu. Puluhan warga setempat menghadiri sidang tersebut.

Lokasi parkir mobil pengadilan keliling itu pernah ditempati oleh sebuah proyek pembangunan ilegal. Pemerintah secara resmi menghancurkan proyek tersebut dan menanam 1,71 hektare tanaman di lokasi itu.
 
   Satu unit mobil pengadilan keliling terparkir di dekat hutan restorasi ekologi saat persidangan kasus deforestasi di Gunung Simian, Distrik Jiangjin, Chongqing, barat daya Tiongkok, 10 Agustus 2023. (Xinhua)

"Menyidangkan kasus deforestasi di daerah pegunungan memiliki signifikansi khusus," kata Zhu Rui dari Pengadilan Rakyat Distrik Jiangjin, Chongqing. Persidangan di wilayah setempat dapat meningkatkan kesadaran tentang hukum di kalangan penduduk desa, sehingga mereka dapat melindungi sumber daya ekologi dengan lebih baik, papar Zhu.

Usai persidangan, pengadilan setempat bersama biro kehutanan lokal membagikan serangkaian materi kepada masyarakat guna mempromosikan dan memopulerkan pengetahuan hukum tentang perlindungan ekologi.

Menurut Pengadilan Tinggi Rakyat Kota Chongqing, pengadilan keliling telah menyelesaikan lebih dari 7.200 tugas di Chongqing serta membantu lebih dari 500.000 orang sejak tahun 2022.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023