Cianjur (ANTARA) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat tiga Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang masih menggelar proses belajar mengajar di dalam tenda sedangkan 26 SMP lainnya sudah kembali belajar di dalam kelas.

Kepala Bidang SMP Disdikpora Kabupaten Cianjur, Helmi Halimudin, di Cianjur, Senin, mengatakan dari 30 SMP yang rusak akibat gempa tahun 2022, sebanyak 26 di antaranya tinggal menunggu penyerahan dari Kementerian PUPR, tinggal 3 SMP yang masih dalam proses pembangunan.

"SMPN 1 Cugenang, SMPN 3 Cianjur, dan SMPN 5 Cianjur yang masih dalam proses pembangunan sehingga sekitar 1.000 siswa masih belajar dalam tenda. Untuk sekolah lainnya sudah tuntas tinggal menunggu serah terima dari Kementerian PUPR," katanya.

Sambil menunggu penyerahan sekitar 26 sekolah SMP yang sudah tuntas pembangunannya 100 persen, dapat digunakan proses belajar mengajar secara normal dalam kelas, sehingga tidak ada lagi siswa yang belajar di dalam tenda.

Baca juga: Pemerintah Pusat salurkan dana tunggu untuk penyintas gempa Cianjur

Baca juga: Kementerian PUPR bangun 191 rumah relokasi tahap III di Cianjur


Sedangkan untuk tiga SMP yang belum tuntas pembangunannya, ungkap Helmi, pihaknya meminta kepala sekolah meminta pihak Kementerian PUPR menyelesaikan minimal 10 ruang kelas untuk sekolah yang besar agar siswa tidak belajar di dalam tenda.

"Kami dari dinas juga meminta pihak pelaksana pembangunan menuntaskan ruang kelas terlebih dahulu agar tidak ada lagi siswa yang belajar di dalam tenda dengan harapan dua bulan ke depan pembangunan sekolah yang rusak akibat gempa tuntas seluruhnya," kata Helmi.

Dia menjelaskan pembangunan ruang penunjang seperti perpustakaan, laboratorium, tata usaha, ruang kepala sekolah dan guru dapat di akhir setelah seluruh ruang kelas yang dibutuhkan masing-masing sekolah dapat digunakan proses belajar mengajar.

Namun, pihaknya tidak dapat menargetkan pembangunan dapat tuntas dengan cepat, dan hanya bisa meminta pihak pelaksana dapat sesegera mungkin menuntaskan pembangunan hingga 100 persen dengan mendahulukan pembangunan ruang kelas.

"Kalau pembangunan kelas beres, anak didik tidak akan terganggu dan dapat menjalani proses belajar mengajar dengan tenang. Nanti tinggal dibereskan bangunan penunjang lainnya, karena sebentar lagi masuk musim hujan kasihan kalau mereka masih di tenda," katanya.*

Baca juga: Kemenkumham RI beri remisi untuk 19 warga binaan Lapas Cianjur

Baca juga: Pemkab Cianjur minta penyintas gempa tak jual rumah relokasi

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023