Beijing (ANTARA) - Sejumlah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Shenzhen (SSE) melaporkan pertumbuhan pendapatan operasional dan laba bersih pada kuartal kedua 2023 yang mengindikasikan peningkatan kinerja bisnis di antara perusahaan-perusahaan yang terdaftar.

Menurut data SSE, hingga 31 Agustus, total 2.812 perusahaan yang terdaftar di SSE telah mengungkapkan laporan semi tahunan mereka.

Beberapa perusahaan tersebut meraup total pendapatan operasional sebesar 5,2 triliun yuan (1 yuan = Rp2.100) pada kuartal kedua, naik 12,3 persen dari kuartal sebelumnya.

Selama periode April-Juni, laba bersih perusahaan-perusahaan itu tumbuh 10,54 persen secara kuartalan menjadi 308,32 miliar yuan.

Pada paruh pertama tahun ini, sebanyak 2.225 perusahaan yang terdaftar di SSE melaporkan laba, atau menyumbang 79,13 persen dari seluruh perusahaan itu, papar data SSE.

Terdapat 863 perusahaan yang masing-masing memperoleh laba lebih dari 100 juta yuan.

Sejumlah perusahaan terkemuka di bursa tersebut membukukan kinerja luar biasa pada paruh pertama, dengan 36 perusahaan memiliki nilai pasar lebih dari 100 miliar yuan per 30 Agustus.

Data juga menunjukkan bahwa pendapatan operasional perusahaan-perusahaan yang terdaftar di pasar saham ChiNext, papan perdagangan China bergaya Nasdaq untuk perusahaan-perusahaan yang sedang tumbuh di China, mencapai total 1,78 triliun yuan pada paruh pertama, naik 10,36 persen secara tahunan (yoy).

Tingkat pertumbuhannya jauh lebih tinggi dibandingkan seluruh pendapatan pasar saham A.

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2023