“Operasi Zebra Salawaku 2023 adalah jenis operasi Harkamtibmas bidang lantas mengedepankan kegiatan indukatif dan persuasif serta humanis didukung gakum lantas secara elektronik baik statis maupun mobile dan teguran simpatik dalam rangka meningkatkan
Ambon (ANTARA) - Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) mengerahkan sebanyak 38 personel untuk melakukan operasi zebra salawaku 2023.

“Operasi Zebra Salawaku 2023 adalah jenis operasi Harkamtibmas bidang lantas mengedepankan kegiatan indukatif dan persuasif serta humanis didukung gakum lantas secara elektronik baik statis maupun mobile dan teguran simpatik dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” kata Kapolres SBT AKBP Agus Joko Nugroho, Ambon, Senin.

Operasi Zebra Salawaku 2023 ini diresmikan dengan upacara gelar pasukan berlangsung di Lapangan Polres SBT.

Nugroho mengatakan, operasi Zebra Salawaku 2023 ini dilaksanakan dalam rangka menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) jelang Pemilu 2024.

“Operasi yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Wilayah Indonesia ini dengan tema Kamseltibcarlantas yang kondusif menuju pemilu 2024,” ujarnya.

Ia meminta kepada para personel yang bertugas, dalam operasi Zebra Salawaku 2023 ini agar melakukan langkah- langkah di antaranya, melaksanakan deteksi dini, melindik dan pemetaan terhadap lokasi, tempat rawan macet, pelanggaran rawan macet, pelanggaran dan laka lantas .

“Lakukan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang Kamseltibcarlantas l melalui pemasangan spanduk, banner baliho, penyebaran pamflet, dan stiker baik melalui media cetak elektronik maupun media sosial,” pintanya.

Tidak hanya itu, ia juga menegaskan untuk melaksanakan penegakan hukum lantas secara elektronik (Statis dan mobile) terhadap Pelanggaran lalu lintas dan teguran secara simpatik.

Pelaksanaan Operasi Zebra Salawaku 2023 ini akan dilaksanakan selama 14 Hari, mulai dari 4 - 17 September 2023.

Pewarta: Winda Herman
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023