"Kegiatan ini sudah beberapa kali dilakukan, harapannya dengan pelaksanaan operasi yang dilaksanakan secara reguler atau rutin, disiplin masyarakat dalam berkendara, dalam menggunakan jalan raya semuanya berjalan dengan baik,"
Manado (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Sertyo Budiyanto mengatakan pelaksanaan "Operasi Zebra Samrat 2023" bertujuan untuk menciptakan Kamseltibcarlantas atau keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas , di daerah itu.

"Kegiatan ini sudah beberapa kali dilakukan, harapannya dengan pelaksanaan operasi yang dilaksanakan secara reguler atau rutin, disiplin masyarakat dalam berkendara, dalam menggunakan jalan raya semuanya berjalan dengan baik," kata Kapolda usai apel gelar pasukan Operasi Zebra Samrat 2023, di Manado, Senin.

Dia menambahkan, sehingga berkurang angka pelanggaran, berkurang angka kecelakaan lalu lintas, karena risiko paling tinggi adalah kecelakaan.

Kecelakaan bisa menyebabkan korban jiwa, luka berat, luka ringan atau minimal kerusakan kendaraan.

Kapolda berharap semua pengguna kendaraan bermotor, semua pengguna jalan raya bisa berdisiplin dalam berkendara atau saat berlalu lintas.

"Ingat ketika kita berada di jalan raya, bukan hanya pribadi saja, tetapi ada hak orang lain, ada kepentingan orang lain yang harus diperhatikan, sama-sama memiliki hak untuk memanfaatkan jalan raya," katanya.

Pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Zebra tersebut diikuti selain dari Polri, juga dari antara lain TNI, Dinas Perhubungan, Polisi Pamong Praja, Jasa Raharja

"Dukungan TNI dan beberapa instansi pemerintah, merupakan hasil kerja sama, bentuk sinergitas. Jadi pelaksanaan di lapangan tentu akan memudahkan saat melakukan penertiban," katanya.

Kapolda mengatakan Operasi Zebra Samrat 2023, akan dilaksanakan selama 14 hari dari 4-17 September 2023.

"Waktu pelaksanaan tidak panjang, tetapi saya berharap bahwa dalam waktu yang singkat itu, tujuan dari pelaksanaan operasi ini bisa terlaksana dengan baik," katanya.

Apel gelar pasukan Operasi Zebra itu dihadiri antara lain Wakapolda Sulut Jan de Fretes, sejumlah pejabat utama Polda Sulut, pejabat TNI, pemerintah daerah.

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023