Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo membahas situasi ekonomi global bersama Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin.

"Pada saat berbicara dengan World Bank dan IMF beliau melakukan tukar pikiran mengenai masalah situasi ekonomi dunia," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangannya usai mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut.

Menurut Menlu Retno, baik Presiden Bank Dunia maupun Direktur Pelaksana IMF menyampaikan apresiasi atas prestasi ekonomi Indonesia. Keduanya memuji pertumbuhan ekonomi Indonesia sekaligus kemampuan Indonesia menekan inflasi pada saat yang sama.

"Managing Director IMF bahkan mengatakan bahwa ASEAN is a bright spot di tengah situasi dunia yang sulit dan Indonesia dikatakan sebagai source of joy, source of hope. Ini juga memberikan pelajaran juga bagi negara-negara berkembang. Kalau Indonesia bisa, negara berkembang lain juga harus bisa," ujarnya.

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut, yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Baca juga: Jokowi: RI siap dukung infrastruktur ketahanan pangan Kamboja
Baca juga: Ketum PBNU temui Jokowi terkait agenda Munas Alim Ulama 2023

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023