Cleveland (ANTARA News) - Mike Brown ditunjuk sebagai pelatih Cleveland Cavaliers pada Rabu (Kamis WIB), di mana ia kembali ke pos yang sempat dihuninya dari 2005 sampai 2010, dan lima musim di mana ia sempat membawa Cavaliers mencapai Final NBA.

Selama periode itu, Brown memiliki rekor 272-138, yang juga termasuk Cavaliers memiliki pengatur permainan hebat LeBron James di tim mereka sebelum ia meninggalkan klub tersebut untuk bergabung dengan Miami Heat, dan memimpin mereka menjuarai NBA tahun lalu, LAPOR AFP.

Cavaliers mencapai Final NBA 2007 di bawah asuhan Brown, namun mereka dikalahkan San Antonio. Brown dipecat setelah Cleveland tereliminasi pada putaran kedua playoff NBA 2010.

"Saya gembira dapat kembali ke Cleveland untuk melatih Cavaliers," kata Brown dalam pernyataannya. "Komitmen pemilik dan manajemen telah memperlihatkan upata-upaya mereka membangun tim yang sukses dan organisasinya begitu dalam dan saya senang untuk memimpin tim ini bergerak ke depan."

"Tidak akan ada yang lebih bermakna bagi saya dan keluarga saya dibanding membantu membawa kesuksesan kepada komunitas istimewa ini dan untuk semua penggemar yang loyal dan berkomitmen."

Brown menggantikan Byron Scott, yang mengambil alih tim setelah kepergian James dan mencatatkan rekor 64-166 selama tiga musim, termasuk 24-58 pada musim yang berakhir pekan lalu.

"Saya lebih gembira terhadap kembalinya Mike Brown," kata pemilik Cavaliers Dan Gilbert. "Mike tidak melakukan apapun selain memenangi liga ini sejak ia menjadi asisten pada tahun pertama beberapa tahun yang lalu."

"Ia akan menanamkan filosofi bertahan terlebih dahulu yang sangat diperlukan dalam tim bertalenta dan muda kami, yang akan menjadi dasar dan identitas kami ketika kami meneruskan membawa klub ini bersaing di level kejuaraan pada tahun-tahun mendatang."

Brown, pelatih terbaik NBA 2009 bersama Cleveland, melatih Los Angeles Lakers dengan rekor 41-25 pada musim 2011/2012 yang diperpendek, dan dipecat setelah menorehkan rekor 1-4 menjelang musim itu usai. (RF/A020) 

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013