... sudah mendapat kontrak dagang dari Rusia dan Jepang... "
Medan (ANTARA News) - Pengusaha Rusia dan Jepang tertarik dengan kerajinan patung Samosir, Sumatera Utara dengan membeli langsung sebagian produknya di International Handicraft Trade Fair 2013 (INACRAFT) di Jakarta dan melakukan kontrak dagang dengan perajinnya.

"Alhamdulillah, produk kerajinan industri kreatif Sumut seperti patung, tenunan ulos dan sepatu diminati pembeli asing dan dalam negeri di INACRAFT. Perajin patung Samosir bahkan sudah mendapat kontrak dagang dari Rusia dan Jepang,"kata Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Sumatera Utara, Sutias Handayani Nugroho, di Medan, Kamis.

Kerajinan kayu Samosir yang diminati Rusia dan Jepang itu antara lain berupa Solo Bolon dan Kalender Batak.

Pengusaha kedua negara itu menyatakan akan mengunjungi tempat usaha perajin di Samosir dan siap mengikat kerja sama. "Dekranasda Sumatera Utara siap membantu kelancaran kontrak kerja sama dagang perajin Samosir itu dengan Rusia dan Jepang,"katanya.

Selain kerajinan kayu, tenunan ulos dari Tapanuli Utara serta Sepatu Kulit Bunut dari Asahan juga mendapat perhatian banyak pengunjung dan bahkan langsung membelinya.

Pada hari pertama INACRAFT, 24 April 2013, kata dia, transaksi dagang di stan Pemerintah Provinsi Sumut sudah mencapai Rp14,650 juta dan diyakini jumlahnya terus naik hingga ditutupnya pameran bertaraf internasional itu pada 28 April 2013. (*)

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013