Cianjur (ANTARA) - Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TGNPP) membuka kembali jalur pendakian ke Gunung Gede Pangrango melalui pintu Cibodas, Selasa, setelah sebelumnya dilakukan penutupan karena adanya perusakan yang dilakukan oknum pengelola tempat penampungan.

Kepala Bidang Pendakian Taman Nasional 1 TNGGP Cianjur Lana Sari di Cianjur, Jawa Barat, Selasa, mengatakan setelah dilakukan perbaikan pintu masuk pendakian Cibodas yang dirusak oknum, beberapa waktu lalu, akhirnya jalur pendakian kembali dapat dilalui.

"Pendakian dapat dilakukan melalui pintu Cibodas yang sudah selesai diperbaiki. Pendaftaran pendakian masih melalui online (daring) dan tidak dapat langsung di tempat," katanya.

Pihaknya meminta pendaki dapat berkomitmen untuk mendukung perbaikan manajemen pendakian dengan mematuhi aturan yang telah disepakati bersama serta menjaga kelestarian alam, keselamatan, keamanan, dan ketertiban saat melakukan pendakian.

Baca juga: TNGGP tutup pendakian Gunung Gede lewat Pintu Cibodas mulai hari ini

Saat melakukan pendakian dan berada di lingkungan taman nasional, pendaki dilarang membuat api unggun dan membuang barang yang dapat menimbulkan percikan api, termasuk puntung rokok, karena sebagian besar wilayah mengalami kekeringan dan rawan terbakar.

"Saat kemarau panjang, larangan membuat api unggun atau membuang puntung rokok sembarangan digencarkan petugas mulai dari pintu pendakian. Pendaki diminta memastikan tidak meninggalkan alat memasak dalam kondisi menyala guna menghindari kebakaran," katanya.

Untuk tetap menjaga kelestarian alam di sepanjang jalur pendakian, pihaknya meminta pendaki untuk membawa turun sampah yang dihasilkan saat melakukan pendakian karena setiap tahun belasan ton sampah diturunkan dari puncak gunung dan di sepanjang jalur pendakian.

"Pendaki harus pintar dengan mematuhi semua aturan yang berlaku, tidak membuang sampah sembarangan serta tidak membuat api unggun saat musim kemarau karena dapat menyebabkan kebakaran lahan di taman nasional," katanya.

Baca juga: TNGGP mencatat penurunan suhu di puncak gunung karena kemarau
Baca juga: Pendakian Gunung Gede dibuka lagi, TNGGP: Pendaki harus daftar online

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023