Kepulauan Seribu memiliki kearifan lokal Batik Gobang Seribu, menurut saya ini bagus
Jakarta (ANTARA) - Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi berharap kunjungan Dubes Seychelles untuk ASEAN Nico Barito ke kepulauan di Provinsi DKI Jakarta tersebut dapat segera ditindaklanjuti dengan kerja sama pengembangan wilayah.

Nico Barito mengunjungi Kepulauan Seribu pada Selasa. Junaedi berterima kasih atas kunjungan itu. 

Junaedi mengaku senang jika kunjungan tersebut bisa berlanjut dengan pembahasan kerja sama untuk kemajuan daerah maupun masyarakat di Kabupaten Kepulauan Seribu.

"Kami berharap Kepulauan Seribu nanti bisa sama dengan Negara Seychelles. Senang sekali, nantinya Kepulauan Seribu akan dibuat pulau seperti di Negara Seychelles," katanya.

Baca juga: DKI awasi sekolah yang laksanakan PJJ selama KTT ASEAN

Dia sangat berharap kerja sama pengembangan ini bisa dilakukan secepatnya.

Duta Besar Republik Seychelles untuk ASEAN Nico Barito mengaku takjub dengan kelestarian alam di Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, yang masih cukup bagus.

"Saya pun takjub, di Daerah Khusus Ibu Kota masih banyak mangrove. Saya kira hanya pembangunan saja," kata Nico di Jakarta, Selasa.

Nico mengunjungi Pulau Untung Jawa, Pulau Tidung Kecil, Pulau Panjang hingga Pulau Payung di Kepulauan Seribu, Selasa, dalam rangka mengikuti agenda kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta.

Nico menyatakan tertarik untuk bekerjasama dalam membangun pariwisata di Kepulauan Seribu seperti di negaranya hingga melengkapi sumber daya pendukung seperti air dan juga listrik.​​​​​​

Baca juga: RI - Seychelles kolaborasi tingkatkan SDM dukung ekonomi biru

Dia mengatakan yang terpenting dalam menyukseskan kerja sama itu adalah keterbukaan serta dukungan dari dua arah pemerintah masing-masing di kedua negara.

Seychelles adalah negara kepulauan yang berada di Lautan Hindia. Sedikit yang berbeda hanya Seychelles merupakan negara di Benua Afrika, sedangkan Kepulauan Seribu merupakan kabupaten di Provinsi DKI Jakarta.

Namun keduanya sama-sama memiliki pulau dan penduduk yang memiliki budaya serta kearifan lokal sehingga perlu untuk saling berbagi pengalaman.

"Kepulauan Seribu memiliki kearifan lokal Batik Gobang Seribu, menurut saya ini bagus," kata Nico.
 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023