Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menggandeng Google Indonesia dalam mengakselerasikan program digitalisasi pada satuan pendidikan di lingkup sekolah daerah itu.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan Google memiliki peran besar dalam dunia pendidikan pada era digitalisasi sehingga program pelatihan untuk guru dan kepala sekolah akan lebih mampu mengakselerasikan sekaligus membuka akses ruang belajar secara digital kepada para murid.

"Saya kira sangat relevan, guru adalah ujung tombak dan agen perubahan kita yang bisa membawa generasi yang akan datang bisa lebih go digital, melek digital, karena sekarang menjadi kompetensi yang utama," katanya di Cikarang, Selasa.
Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan (depan-tengah) bersama narasumber dan peserta program percepatan digitalisasi sekolah berkolaborasi dengan Google Indonesia di Aula Gedung Diskominfosantik, kompleks perkantoran Pemkab Bekasi, Selasa (5/9/2023). ANTARA/Pradita Kurniawan Syah
Dia mendorong akselerasi digitalisasi di lingkungan satuan pendidikan lebih dikuatkan lagi ke depan baik melalui bantuan Google maupun narasumber lain demi peningkatan kompetensi.

Baca juga: Google telah latih pembelajaran digital 405 ribu guru se-Indonesia

"Kalau kemampuan guru meningkat, pasti kemampuan murid juga ikut meningkat. Peningkatan kompetensi ini diharapkan mampu dilakukan tahun depan baik dari sisi perangkat teknologi maupun anggaran," katanya.

"Anggaran pusat, provinsi, mungkin dari APBD kita juga bisa lebih diprioritaskan ke arah sana, atau dari stakeholder lain, dari industri atau swasta yang bisa membantu, ini harus digali, termasuk juga dari kendala sisi orang tua murid yang masih berpandangan merepotkan, harus punya wifi, kuota," kata dia.

Country Lead Google for Education Indonesia Olivia Basrin mengatakan generasi hari ini sejak lahir memang telah terbiasa dengan teknologi digital sehingga para siswa maupun guru perlu diajarkan kemampuan untuk bisa mengoperasikan teknologi dalam pembelajaran.

Baca juga: SiBudi, cara mudah digitalkan sekolah dalam satu aplikasi

"Oleh karena itu, kami lakukan kegiatan hari ini adalah untuk membantu dari sisi penguatan guru, agar mereka tahu nanti, ruang kelas mau dipersiapkan seperti apa, proses belajar mengajar, apa yang dilakukan siswa dan guru, sehingga sarana yang sudah disediakan maupun pembelajaran belajar.id ini bisa dimanfaatkan dengan optimal," katanya.

Olivia mengatakan Google Indonesia memiliki program sertifikasi guru yaitu Google Sertified Educator yang berlaku secara Internasional. Sertifikat ini dapat membantu para guru memperluas ruang mengajar secara digital, sampai mengajukan mengajar di sekolah lain.

Baca juga: Undikma latih guru-siswa manfaatkan digitalisasi di sekolah

"Di Kabupaten Bekasi, ada 84 guru bersertifikat ini, tiga di antaranya sertified trainer. Jadi, kita punya sertifikat level 1 dan 2 itu yang dasar, dan yang trainer itu level 3, sertifikasi ini diakui secara internasional. Sertifikasi ini layaknya micro credentials yang dikumpulkan profesi-profesi lain," katanya.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023