Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Selasa (5/9), mulai dari Presiden Joko Widodo upayakan negosiasi Indonesia-Kanada Comprehensive Economic Partnership Agreement (ICA-CEPA) rampung 2024 hingga Mendagri Tito Karnavian lantik sembilan penjabat gubernur.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

1. Jokowi-PM Trudeau upayakan negosiasi ICA-CEPA selesai akhir 2024

Presiden Joko Widodo mengupayakan negosiasi Indonesia-Kanada Comprehensive Economic Partnership Agreement (ICA-CEPA) dapat selesai akhir tahun 2024.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai mendampingi Presiden Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan PM Kanada Justin Trudeau di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.

2. Mendagri lantik sembilan penjabat gubernur di Jakarta

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik sembilan penjabat (pj) gubernur untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah provinsi yang masa jabatannya berakhir pada Selasa.

Tito secara langsung mengambil sumpah sembilan pj gubernur itu di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.

Selengkapnya baca di sini.

3. Kasad ingatkan prajurit jangan coba-coba memihak di Pemilu 2024

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengingatkan para prajurit untuk jangan mencoba-coba memihak kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden maupun calon anggota legislatif menjelang dan selama Pemilu 2024.

Dudung menegaskan TNI, termasuk TNI AD, harus tetap bersikap netral, yang artinya tidak berpihak dan tidak mendukung siapa pun yang mencalonkan diri saat Pemilu 2024 dan Pilkada 2024.

Selengkapnya baca di sini.

4. Gus Imin batal buka MTQ akibat intimidasi terhadap Bupati Tanah Laut

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar hari ini batal membuka acara Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) di Tanah Laut, Kalimantan Selatan, lantaran Bupati Tanah Laut mengaku mendapat tekanan, ancaman dan intimidasi dari pihak tertentu agar Gus Imin ditolak memberikan sambutan.

"Salah besar, kalau ada yang bilang kepulangan Gus Imin ke Jakarta karena panggilan KPK, itu berita hoaks dan teror saja. Tidak jelas asal usulnya," kata Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.

5. Partai Masyumi dukung pasangan Anies-Muhaimin pada Pemilu 2024

Ketua Umum Partai Masyumi, Ahmad Yani menyatakan partainya mendukung pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden, Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar pada Pemilu 2024.

"Partai Masyumi telah memutuskan untuk memberikan dukungan penuh atas deklarasi pasangan Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN)," katanya di Kantor DPP NasDem, Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.
 

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023