dibagi menjadi tiga sif dalam sehari
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerjunkan 27 pasang Abang None di ruang VIP Bandara Soekarno Hatta, Banten untuk menyambut kedatangan delegasi VVIP Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN pada 4-6 September 2023.
 
"Kami mendukung penyambutan delegasi KTT ASEAN ke-43 di Bandara Soekarno Hatta dengan menerjunkan 27 pasang Abang dan None Jakarta tahun 2022 di ruang VIP Bandara Soetta," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Andhika Permata saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.
 
Andhika menjelaskan 27 duta wisata Jakarta tahun 2022 ini dibagi menjadi tiga sif dalam sehari. Sif pertama bertugas pukul 07.00-12.00 WIB, lalu sif kedua pukul 12.00-17.00 WIB, dan sif ketiga mulai pukul 17.00-22.00 WIB.

"Setiap sif  akan bertugas sebanyak sembilan pasang Abang None Jakarta," kata Andhika.
 
Andhika menjelaskan dua pasang Abang None bertugas di bawah tangga pesawat untuk menyambut delegasi dan memakaikan cukin produksi UMKM Jakarta diiringi dengan penari dari Dinas Kebudayaan.
 
Lalu satu pasang lagi berdiri di karpet merah dekat arah pintu kedatangan tamu dari pesawat.
 
“Abang None akan menempati posisi di bawah tangga pesawat menyambut para delegasi diikuti dengan tarian dari para penari dari Dinas Kebudayaan, dan satu pasang Abang None lagi berdiri menyambut di karpet merah," jelas Andhika.
 
Sebanyak 27 pasang Abang None menyambut kedatangan delegasi VVIP Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN di VIP Room Bandara Soekarno Hatta, Banten pada 4-6 September 2023. ANTARA/HO-PPID DKI Jakarta/am.


Dalam pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta yang berlangsung pada 5-7 September di Jakarta Convention Center (JCC) ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapat tugas mendampingi para menteri untuk menyambut kedatangan  delegasi negara-negara ASEAN dan negara sahabat.
 
Mulai 4 September 2023 untuk kedatangan Negara Timor-Lester, Kamboja, Malaysia, Filipina, dan Bangladesh. Kemudian pada 5 September 2023 jadwal kedatangan Negara Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jepang dan Amerika Serikat. Terakhir pada 6 September 2023 giliran delegasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Selandia Baru.
 
Diketahui, Indonesia resmi menjabat Keketuaan ASEAN 2023 setelah menerima tongkat estafet dari Kamboja di Phnom Penh pada November 2022. Tugas keketuaan ASEAN dipegang Indonesia mulai Januari hingga akhir Desember 2023.
 
Sebelumnya, Indonesia telah menyelenggarakan KTT Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, NTT pada Mei 2023. Adapun rangkaian KTT Ke-43 ASEAN ini mengangkat tema Keketuaan ASEAN 2023 yaitu "ASEAN Matters Epicentrum of Growth".
 
Visi Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 ini mengarah kepada kemampuan pembangunan ASEAN berketahanan, adaptif, dan inklusif, serta berperan sentral dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat.
Baca juga: Dubes Seychelles takjub dengan kelestarian alam Kepulauan Seribu
Baca juga: DKI awasi sekolah yang laksanakan PJJ selama KTT ASEAN
Baca juga: Satpol PP DKI bagi tugas dalam rangka pengamanan KTT ke-43 ASEAN

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023