optimis perusahaan atau pemangku kepentingan yang peduli menurunkan polusi udara di Jakarta semakin banyak yang ikut serta
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperluas jangkauan layanan uji emisi demi kesehatan udara di Jakarta dengan menggandeng produsen otomotif Astra untuk menggelar uji emisi gratis mulai 4 September hingga 31 Desember 2023.
 
"Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta mengajak Astra untuk mendukung kebijakan dan inisiatif Pemprov DKI dalam upaya mengurangi cuaca ekstrem di Jakarta dengan melakukan uji emisi," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta sekaligus Juru Bicara Satgas Pengendalian Pencemaran Udara Ani Ruspitawati saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Kegiatan uji emisi gratis ini, kata Ani, bisa membantu mengurangi polusi udara, sehingga udara di Jakarta semakin sehat bagi warganya.

Dia juga optimis perusahaan atau pemangku kepentingan yang peduli menurunkan polusi udara di Jakarta semakin banyak yang ikut serta.
 
Selain itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto menyebut pelaksanaan uji emisi ini harus dilakukan semua pihak yang berkepentingan.
 
Asep juga meminta semua pihak, khususnya produsen otomotif untuk membantu pemerintah memperluas jangkauan masyarakat dalam melaksanakan uji emisi, seperti menggratiskan uji emisi pada layanan purna jual atau servis berkala yang juga bisa menjadi opsi.
 
Asep menyebut hanya kendaraan yang berusia di atas tiga tahun ke atas saja yang wajib melaksanakan uji emisi.
 
"Rata-rata garansi servis kendaraan baru di setiap bengkel resmi itu kan tiga tahun, nah, kami imbau khusus untuk uji emisi lebih dari itu," ucap Asep.
 
Asep berharap pelaksanaan uji emisi bisa dijangkau dengan luas oleh seluruh warga Jakarta segera mungkin.
 
Sambut baik
 
Sedangkan Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah menyambut baik kolaborasi tersebut serta menyatakan kesiapan  memfasilitasi uji emisi secara gratis untuk kendaraan pelanggannya di sejumlah bengkel dealer Astra yang tersebar di berbagai wilayah Jakarta.
 
"Ada 45 bengkel dealer Astra yang terintegrasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta, tersebar di sejumlah titik, yang dapat melayani uji emisi kendaraan pelanggan Astra secara gratis, dengan melakukan reservasi terlebih dahulu," ujar Riza.
 
Lokasi uji emisi gratis tersebut, lanjut Riza, tersebar di bengkel Auto2000, Astra Daihatsu, Astra Isuzu, Astra UD Trucks, Astra Peugeot, BMW Astra, Lexus dan Astra Motor. Selain itu, terdapat tiga gerai Astra Otoservice dan dua gerai Shop & Drive yang  siap melayani pelanggannya untuk uji emisi kendaraan secara gratis mulai 4 September hingga 31 Desember 2023. Informasi lokasi layanan uji emisi dapat diakses melalui https://bit.ly/DaftarUjiEmisiGratisAstra.
Baca juga: DLH Jakut gelar uji emisi gratis bagi ASN dan masyarakat
Baca juga: Jakbar minta warga lakukan uji emisi secara mandiri
Baca juga: Toyota adakan uji emisi gratis di bengkel resmi Jakarta

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023