Dan kami akan mendukung upaya anda untuk memperluas perekonomian Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris berharap kemitraan bisnis antara Amerika Serikat dengan Indonesia dapat meningkat ke depan.

"Ke depan, kami juga berharap dapat bekerja sama dengan anda untuk meningkatkan arus bisnis antarnegara kita, termasuk kerangka ekonomi Indo-Pasifik," ujar Kamala dalam sambutan pembuka dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo di sela KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center, Rabu.

Dia mengatakan AS juga akan terus bekerja sama dengan Indonesia untuk membangun rantai pasokan yang tangguh, termasuk mineral penting yang diperlukan untuk memperluas perekonomian energi ramah lingkungan.

"Dan kami akan mendukung upaya anda untuk memperluas perekonomian Indonesia," tuturnya.

Baca juga: Presiden sampaikan bela sungkawa atas kebakaran hutan Maui Hawaii

Baca juga: Jokowi ajak China, Jepang, dan Korsel bangun ekosistem EV


Sementara mengenai masalah keamanan, Kamala mengatakan Amerika merasa bangga memperluas kemitraan pertahanan untuk mendukung badan keamanan maritim Indonesia dan mendukung terkait peraturan internasional batas udara.

"Sebagai kesimpulan, Bapak Presiden, Amerika Serikat bangga atas ikatan yang kuat dan terus berkembang dengan Indonesia selaku negara demokrasi terbesar di dunia. Kami yakin bahwa kemitraan kita akan semakin kuat dalam satu tahun dan dekade mendatang," jelas dia.

Sementara Presiden Joko Widodo dalam kesempatan itu menyampaikan sebagai mitra strategis yang komprehensif, dukungan AS semakin meluas terhadap keberhasilan KTT ASEAN, termasuk memastikan relevansi KTT Asia Timur.

Presiden Widodo juga menyampaikan harapannya atas adanya penguatan kerja sama bilateral kedua negara.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023