Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo berharap Kanada, yang telah menjadi mitra strategis ASEAN, bisa menjadi jangkar perdamaian dan stabilitas kawasan, terutama Indo-Pasifik.

“Selamat datang di keluarga besar ASEAN, PM Trudeau,” kata Jokowi menyapa Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Kanada di Jakarta, Rabu.

Jokowi mengatakan Kanada adalah mitra strategis ASEAN dalam membangun ketahanan pangan, membangun hilirisasi industri, serta membangun perdagangan yang terbuka dan adil di kawasan.

“Semoga ini akan memberikan manfaat yang lebih besar bagi rakyat kita dan kawasan,” ucap Jokowi.

Pada tahun ini, hubungan antara Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Kanada memasuki kemitraan strategis setelah negara itu menjadi Mitra Dialog ASEAN.

Baca juga: Jepang, Australia, Kanada perkuat kerja sama dan dukungan untuk ASEAN

Mitra Dialog ASEAN adalah negara dan organisasi yang telah menjalin hubungan formal dengan ASEAN. Para mitra dialog melakukan pertukaran dan dialog secara rutin dengan ASEAN, termasuk pertemuan tingkat menteri dan KTT.

Komitmen Kanada untuk memperkuat hubungan dan kerja sama dengan ASEAN sebelumnya disampaikan oleh Trudeau pada acara Leaders Talk Forum ASEAN-Indo-Pasifik (AIPF) yang digelar pada hari yang sama.

Dia mengatakan bahwa penguatan hubungan dengan ASEAN adalah bagian dari Strategi Indo-Pasifik pemerintah Kanada.

"Memperkuat hubungan kami dengan ASEAN adalah bagian besar dari Strategi Indo-Pasifik Kanada karena kami mengakui dan mendukung sentralitas ASEAN di kawasan," kata Trudeau.

Baca juga: ASEAN-Kanada jajaki kemitraan perdagangan dan energi bersih
Baca juga: Kanada perkuat dukungan ke ASEAN, luncurkan kemitraan strategis


Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2023