Jakarta (ANTARA) - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyatakan Kanada sangat menghormati sentralitas ASEAN dan mengatakan bahwa Pandangan ASEAN terhadap Indo-Pasifik (AOIP) selaras dengan Strategi Kanada di Indo-Pasifik.

“Kami mempunyai komitmen yang jelas terhadap perdamaian dan stabilitas, keterbukaan dan transparansi terhadap pembangunan dan kerja sama ekonomi,” kata Justin dalam pembukaan KTT ASEAN-Kanada di Jakarta, Rabu.

Dia juga menambahkan bahwa Kanada memahami bahwa peraturan internasional sangat penting untuk pertumbuhan.

“Kanada berkomitmen untuk meningkatkan keterlibatan kami dengan kehadiran yang lebih aktif di kawasan ini,” kata Justin.

Justin menyatakan harapannya agar dapat menyelesaikan Perjanjian Perdagangan Kanada-ASEAN (Canada-ASEAN Trade Agreement) dalam waktu dekat.

“Dalam jangka panjang, Kanada sangat ingin bergabung dengan mekanisme yang dipimpin ASEAN seperti KTT Asia Timur, Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN Plus,” tambah Justin.

Justin menambahkan bahwa Kanada akan melanjutkan dukungannya atas beasiswa dan pertukaran pendidikan antara Kanada dan ASEAN, rencana ASEAN-Kanada (ASEAN-Canada Plan of Action), agenda perdamaian dan keamanan perempuan di ASEAN, serta bantuan internasional kepada anggota ASEAN yang memenuhi syarat.

Justin mengatakan Kanada adalah mitra dagang yang dapat diandalkan dan dapat berkontribusi terhadap ketahanan pangan dan energi.

“Kami dapat memanfaatkan keahlian sektor swasta kami dan berinvestasi pada kedua hal tersebut untuk memberikan manfaat bagi semua pihak, termasuk peningkatan kapasitas teknis,” lanjut Justin.

Menurut Justin, Kanada adalah tujuan investasi yang sangat baik dan dapat bekerja sama untuk mengatasi perubahan iklim.

“Kami telah melihat banyak kemajuan dalam banyak inisiatif dari strategi Indo-Pasifik kami yang akan membawa manfaat bagi ASEAN dan Kanada,” Justin menambahkan.

“Saya sangat senang menjadi mitra strategis ASEAN karena hal ini berarti adanya peluang baik masyarakat di ASEAN dan juga peluang bagi masyarakat di Kanada,” katanya.


Baca juga: Kanada jadi mitra strategis ASEAN, Jokowi ucapkan selamat datang
Baca juga: Jepang, Australia, Kanada perkuat kerja sama dan dukungan untuk ASEAN
Baca juga: ASEAN-Kanada jajaki kemitraan perdagangan dan energi bersih


Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023