Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga menghadiri salah satu sidang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), yaitu KTT ASEAN-Kanada di Jakarta, pada Rabu.

"Hari ini saya berkesempatan mendampingi Bapak Presiden Joko Widodo dalam KTT ASEAN-Kanada," kata Bintang Puspayoga dalam keterangan yang diterima di Jakarta.

Sidang ini meninjau kerja sama yang telah dilaksanakan, salah satunya "Kemitraan Strategis ASEAN-Kanada" yang disepakati dalam KTT Peringatan ASEAN-Kanada pada November 2022.

"Sidang hari ini juga membahas arah masa depan sinergi kedua belah pihak dalam mendukung tema Keketuaan Indonesia di ASEAN Tahun 2023, yaitu ASEAN Matters: Epicentrum of Growth," kata Bintang Puspayoga.

KTT ASEAN-Kanada dipimpin langsung oleh Presiden RI yang dalam sambutannya mengatakan bahwa Kanada merupakan mitra strategis ASEAN dalam membangun ketahanan pangan, membangun hilirisasi industri, serta membangun perdagangan yang terbuka dan adil di kawasan.

Presiden Joko Widodo mengharapkan kemitraan strategis tersebut dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi rakyat.

Jokowi juga mendorong terbangunnya kerja sama yang lebih konkret dan inklusif, terutama di kawasan Indo-Pasifik.  

Hadir mewakili Kanada dalam KTT tersebut, Perdana Menteri Justin Trudeau yang menyambut baik dikeluarkannya pernyataan bersama tentang kerja sama dalam bidang ketahanan pangan secara lebih erat.

Sebelumnya, Menteri PPPA Bintang Puspayoga sebagai Ketua Pertemuan Menteri-Menteri ASEAN tentang Perempuan/ASEAN Ministers Meeting on Women (AMMW) telah menggelar serangkaian konferensi yang dihadiri oleh delegasi Kanada.

"Dalam konferensi yang telah kami lakukan sepanjang 2023, telah disepakati tiga output, yaitu ASEAN Gender Mainstreaming Strategic Framework; Women, Peace and Security; dan Declaration on Gender Equality and Family Development. Dari tiga kesepakatan tersebut, Kanada berkomitmen mendukung output pertama dan kedua yang selanjutnya akan diintegrasikan dalam program Desa/Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak," kata Bintang.

Salah satu kesepakatan dalam KTT ASEAN-Kanada adalah ASEAN-Canada Joint Leaders’ Statement on Strengthening Food Security and Nutrition in Response to Crises.

Baca juga: KTT ke-43 ASEAN momentum wujudkan kawasan ramah perempuan dan anak

Baca juga: PM Kanada tiba di Indonesia untuk hadiri KTT ke-43 ASEAN

Baca juga: Kementerian PPPA minta persetujuan DPR RI soal pengalihan anggaran

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023