Awal tahun depan sudah mulai konstruksi untuk sisa proyek Seksi 3
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga menargetkan penyelesaian konstruksi sisa Proyek Tol Serang - Panimbang Seksi 3 Cileles – Panimbang dimulai pada awal 2024.

"Awal tahun depan sudah mulai konstruksi untuk sisa proyek Seksi 3," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian di Gedung DPR RI, Jakarta pada Rabu.

Hedy mengatakan, saat ini Kementerian PUPR sedang mencari dana pembiayaan untuk menyelesaikan Tol Serang - Panimbang Seksi 3 tersebut.

"Kita lagi mencari dana pembiayaan melalui pinjaman atau pembiayaan dari dalam negeri," katanya.

Kementerian terus mengejar penyelesaian pembangunan Seksi 3 tersebut untuk bisa tersinkronisasi dan tersambung dengan Seksi 2 Rangkasbitung – Cileles yang saat ini juga dalam tahap konstruksi.

Pembangunan Jalan Tol Serang - Panimbang sepanjang 83,67 km terbagi menjadi 3 Seksi, yakni Seksi 1 sepanjang 26,50 km yang menghubungkan Serang – Rangkasbitung telah beroperasi sejak 2021 lalu.

Kemudian Seksi 2 sepanjang 24,17 km menghubungkan Rangkasbitung – Cileles dengan progres konstruksi hingga awal Agustus 2023 mencapai 52,45 persen. Untuk Seksi 1 dan 2 menjadi porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Wijaya Karya Serang Panimbang.

Selanjutnya Seksi 3 sepanjang 33 km menjadi porsi pemerintah dengan menghubungkan Cileles – Panimbang, progres konstruksi mencapai 13,84 persen. Pekerjaan konstruksi Seksi 2 dan 3 ditargetkan selesai pada pertengahan 2024.

Jalan Tol Serang - Panimbang melintasi beberapa kabupaten di Provinsi Banten seperti Serang, Lebak, dan Pandeglang dan tersambung dengan Tol Jakarta - Merak.

Selain itu jalan tol ini mendukung akses menuju kawasan pariwisata Banten dan sekitarnya, seperti Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Tanjung Lesung dan Taman Nasional Ujung Kulon.

Kehadiran Tol Serang-Panimbang juga mendukung pengembangan ekonomi kawasan Banten Tengah dan Banten Selatan yang semakin dekat dengan Jakarta.

Baca juga: PUPR menargetkan Tol Serang-Panimbang Seksi 2 dan 3 beroperasi 2024
Baca juga: Bupati Lebak sebut Tol Serang-Panimbang percepat tumbuhnya industri

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023